UNBK SMK Mendadak Dibatalkan

Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMK yang seyogyanya dilaksanakan Senin (16/3) mendadak dibatalkan untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Denpasar (bisnisbali.com) –Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMK yang seyogyanya dilaksanakan Senin (16/3) mendadak dibatalkan untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kepala SMK Negeri 4 Denpasar, Dra. Luh Ketut Anggreni, MPd., ditemui di sekolah mengaku mendapat informasi pembatalan UNBK Minggu (15/3)  pukul 21.30 Wita.

UNBK yang seyogyanya dilaksanakan dari 16 – 30 Maret, ditunda hingga waktu yang belum ditemukan. “Kami mendapat pemberitahuan dari Dinas Pendidikan, siswa diliburkan sejak 16 hingga 30 Maret. Untuk lebih lanjut akan dikoordinasikan kembali,” ungkapnya saat ditemui di sekolah.

Begitu mendapatkan informasi pembatalan UNBK, pihaknya menginfokan kepada guru khususnya wali kelas untuk kemudian memberitahukan kepada siswa melalui group wa. Para siswa yang sudah mempersiapkan diri untuk ujian, menerima diundurnya pelaksanaan ujian karena untuk keamanan. “Hari ini harusnya 341 siswa mengikuti ujian bahasa Indonesia, dengan menggunakan tiga lab,” ucapnya.

Hampir tiap hari pihaknya telah membekali siswa dengan pengetahuan antisipasi penularan virus corona. “Kekhawatiran pasti ada, tapi kita tidak perlu panik. Ikuti saja instruksi-instruksi pencegahan, seperti pola hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas,” terangnya.

Untuk itu pihak sekolah dikatakan sudah menyiapkan sabun di tempat – tempat cuci tangan, sehingga siswa diwajibkan mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan dan sesudah keluar.

“Terkait libur ini semua siswa sudah kami imbau untuk tetap tinggal di rumah, tidak malah jalan- jalan karena libur. Karena tujuan libur ini, adalah untuk pencegahan penularan,” pungkasnya. *pur

BAGIKAN