UMKM Lokal Berperan Strategis dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal memiliki peran besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Denpasar (bisnisbali.com) –Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal memiliki peran besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dunia usaha termasuk UMKM agar perekonomian Indonesia tidak mengalami perlambatan yang dalam serta mampu tumbuh pada triwulan III dan IV tahun 2020. Hal itu dikatakan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Desa Budaya Kertalangu belum lama ini.

Ia pun menyampaikan, demi mempercepat pemulihan ekonomi diperlukan dorongan dari seluruh pihak termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga penyalur KUR, penjamin KUR hingga partisipasi UMKM lokal. “UMKM lokal diharapkan dapat bangkit sehingga dapat membantu perekonomian nasional,” kata Airlangga dalam informasi tertulisnya.

Implementasi tersebut diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan penyaluran KUR. Airlangga Hartarto meyakini langkahnya mendorong kebangkitan UMKM lokal merupakan langkah yang tepat dalam mempercepat pemulihan ekonomi. “Dalam rangka pemulihan ekonomi, Indonesia membutuhkan dunia usaha termasuk UMKM lokal untuk segera bangkit,” tuturnya.

Diakuinya, UMKM memiliki peran besar terhadap PDB Indonesia. Segmen skala usaha UMKM mempekerjakan sekitar 116,9 juta orang sehingga pada tahun 2018 mampu menyerap 97 persen tenaga kerja nasional. Dari sisi jumlah pelaku usaha, pada tahun yang sama, UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB.

Sebagai informasi, pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk memulihkan UMKM pada masa pandemi Covid-19 di antaranya melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan alokasi anggaran untuk UMKM sebesar Rp 123,46 triliun dari total biaya penanganan Covid-19 senilai Rp 695,20 triliun. “Program PEN terus didorong untuk membantu masyarakat produktif memulihkan dan membangkitkan UMKM dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi, mengingat peranan UMKM yang sangat besar bagi perekonomian,” ujar Airlangga.*dik

BAGIKAN