TP PKK Gianyar Gandeng ICA Lestarikan Kuliner Lokal

 

Gianyar (Bisnis Bali)-
Gianyar memiliki kuliner khas meliputi babi guling, ayam tutu dan lainnya yang perlu dilestarikan dan dikemas lebih higienis untuk disajikan untuk masyarakat lokal maupun wisatawan. Ketua Indonesian Chef Association (ICA) BPC Gianyar, Chef. AA Putra Juliartha Kamis (13/8) mengatakan ICA akan bersinergi dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar untuk melestarikan kuliner lokal dan mengangkat kualitasnya sehingga bisa disajikan untuk sektor pariwisata.

Sebelumnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra menyampaikan telah bertemu dengan ICA Bali dan ICA BPC Gianyar. Dalam pertemuan dengan TP PKK Selasa (11/8) lalu ICA juga menyampaikan prorgam kerja ICA BPC Gianyar
Surya Adnyani Mahayastra didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan instansi terkait akan berkolaborasi dengan ICA di bidang kuliner. Ini guna tetap mempertahankan kuliner tradisional sehingga bisa disajikn lebih hygines, dan sehat.
Menindaklanjuti Sinergi dengan TP. PKK Gianyar, Agung Putra menyampaikan ICA BPC Gianyar akan menggelar event akbar di dunia kuliner. Ini diantaranya lomba cooking bersama ibu PKK se-Kabupaten Gianyar, lomba cooking SMK se-Kabupaten Gianyar, lomba fruit carving se-Kabupaten Gianyar dan acara penutupan dihiasi dengan jalan santai.
Lebih lanjut Agung Putra menyampaikan event bersama TP. PKK ini akan direncanakan bulan Januari di Desa Batuan Sukawati Gianyar. Tujuan penyelenggaraan event ini adalah untuk memberikan manfaat menyambut tatanan kehidupan era baru. ” Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dari ibu-ibu PKK dan anak-anak SMK yang nanti menjadi generasi penerus dalam bidang kuliner,” ucapnya.
Agung Putra selaku Ketua ICA BPC Gianyar menegaskan tidak ada lagi organisasi lain yang mengatasnamakan ICA. Hanya ada satu ICA di Kabupaten Gianyar dan tidak ada lagi organisasi lain untuk menghindari kepentingan lain yang menggunakan nama ICA.
AA Putra Juliartha menambahkan ICA BPC Gianyar akan membuat MoU dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar untuk mempertahankan semua agenda kegiatan rutin dalam bidang kuliner di Gianyar. ” Ini akan membuat ICA semakin cepat untuk mengangkat masakan khas daerah Gianyar,” tambahnya. *

BAGIKAN