Toko Modern Diminta Siapkan Prokes Covid-19 Secara Mandiri 

Jelang penerapan tatanan new normal, toko modern diminta berperan mencegah penyebaran Covid-19 dengan menyiapkan protokel kesehatan (prokes) secara mandiri.

Gianyar (bisnisbali.com) –Jelang penerapan tatanan new normal, toko modern diminta berperan mencegah penyebaran Covid-19 dengan menyiapkan protokel kesehatan (prokes) secara mandiri. Kadisperindag Kabupaten Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary, Minggu (5/7) mengatakan, Disperindag Gianyar mewajibkan toko modern sudah menyiapkan fasilitas dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Diungkapkannya, pasar modern di Gianyar nampaknya sudah bersiap dalam penerapan tatanan new normal. Ia menjelaskan rata-rata semua toko modern di Gianyar sudah berupaya menyiapkan fasilitas untuk penerapan new normal. Penyiapan fasilitas dalam penerapan protokol  kesehatan ini secara mandiri.

Eka Suary menambahkan, selama ini toko modern di Gianyar sudah berupaya melaksanakan pencegahan penyebaran Covid-19. Polanya dengan mentaati Surat Edaran Pemkab Gianyar terkait pencegahan penyebaran virus tersebut.

Toko modern sudah diingatkan mentaati pemberlakuan surat edaran  jam oprasional dari pukul 10.00 Wita sampai pukul 19.00 Wita.

“Mereka juga sudah menyiapkan wastafell untuk cuci tangan sebagai bagian penerapan social distancing,” ucapnya.

Menurutnya, pengelola toko modern sudah memahami upaya pencegahan virus ini. Disperindag berharap toko modern selalu melakukan pembersihan lingkungan dan penyemprotan disinfektan secara mandiri. Sesuai prokes, karyawan dan pengunjung wajib menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk toko atau pasar modern.

Bagian penerapan social distancing dengan pemeriksaan suhu tubuh dan penyiapan hand sanitizer di depan kasir. Sebelum melakukan pembayaran, pengunjung toko di minta jaga jarak (physical distancing) dan penggunaan hand sanitizer sebelum melakukan pembayaran.

Luh Gede Eka Suary menambahkan pengunjung pasar modern dan toko modern dianjurkan melakukan transaksi di kasir menggunakan sistem cashless. Pengunjung diarahkan mengurangi penggunaan uang kas, atau gunakan kartu debit atau e money. “Dianjurkan juga pengunjung tidak mengajak anak kecil ke  toko modern dan pasar modern,” tambahnya. *kup

BAGIKAN