TK/PAUD Bisa Gunakan Dana Desa

TK/PAUD merupakan pendidikan paling dasar guna mencetak generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan Kabupaten Gianyar.

DORONG - Pemkab Gianyar terus mendorong peningkatan operasional TK/PAUD.

Gianyar (bisnisbali.com) –TK/PAUD merupakan pendidikan paling dasar guna mencetak generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan Kabupaten Gianyar. Mengoptimalkan operasional TK/PAUD bisa menggunakan dana desa. Hal ini disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Kamis (5/11). Bunda Adnyani Mahyastra mengungkapkan, pengurus desa mesti meningkatan operasional TK/PAUD di masing-masing desa. Sebab, pendidikan TK/PAUD berperan mencerdaskan generasi penerus masyarakat di desa.  TK/PAUD yang berada di bawah yayasaan desa dapat menggunakan dana desa untuk melaksanakan operasional TK yang ada di wilayahnya masing-masing.  ‘’Aturan Permendes, 20 persen dari dana desa dapat digunakan untuk dana pendidikan,” ucapnya.

Disampaikannya,  Pemkab Gianyar terus berupaya memperhatikan keberadaan Alat Peraga Edukasi (APE) luar dan APE di dalam ruangan. Pendidikan untuk anak-anak TK haruslah diberikan lewat permainan dan  disesuaikan dengan usia mereka. Jadi, keberadaan APE sangat perlu diperhatikan baik itu dari segi keragaman maupun keamanannya. “Alat permainan tidak boleh membahayakan anak-anak, harus aman,” jelasnya.

Bunda Adnyani Mahayastra menambahkan, bantuan buku paket yang diberikan pemerintah diharapkan bisa membantu pengajaran TK/PAUD di Kabupaten Gianyar dan bisa menambah kreativitas anak-anak di rumah. “Sambil mewarnai, anak-anak TK/PAUD bisa belajar mengenal huruf, nama binatang , nama buah dan lain sebagainya,” imbuhnya. *kup

BAGIKAN