Tingkatkan Hasil Panen, Bupati Bangli Serahkan Bantuan Bibit

Dalam rangka meningkatkan hasil padi di Kabupaten Bangli, Bupati Bangli I Made Gianyar, S.H.,M.Hum. menyerahkan bantuan bibit padi tri sakti di subak Bangkiang Sidem, Desa Bangbang Tembuku Bangli.

Bangli (bisnisbali.com) –Dalam rangka meningkatkan hasil padi di Kabupaten Bangli, Bupati Bangli I Made Gianyar, S.H.,M.Hum. menyerahkan bantuan bibit padi tri sakti di subak Bangkiang Sidem, Desa Bangbang Tembuku Bangli.

Dalam kesempatan itu hadir pula Ketua YKPN Pusat, Hj. Soud Aminah, Ketua YKPN Provinsi Bali, I Dw Gede Sidan Putra, Kadis PKP, Ir. I Wayan Sarma, Penyuluh Pertanian dan petani subak Bangkiang Sidem.

I Made Gianyar menyambut baik dan menilai sangat tepat bantuan yang diberikan dari Yayasan Kedaulatan Pangan Nusantara (YKPN) kepada petani ini, Kabupaten Bangli mempunyai potensi  pertanian yang luar biasa seperti padi, jagung, ketela dan lainnya. I Made Gianyar juga berterima kasih kepada YKPN, Pakar Pertanian atas kepeduliannya dengan petani di Kabupaten Bangli sehingga mempercayakan Bangli menjadi pilot project penanaman varietas padi Genjah Tri Sakti.

“Sesuai spiritnya mandiri di bidang ekonomi, berdaulat di bidang pangan, dengan bibit padi Tri Sakti ini diharapkan pangan kita betul-betul berdaulat, bahkan ke depannya petani kita bisa menghasilkan padi yang menjanjikan sehingga petani kita tidak merasa khawatir dengan hasil yang kurang memuaskan,” ungkapnya.

Jika dengan menanam padi Genjah Tri Sakti ini bisa menghasilkan panen yang melimpah tentu kita tidak perlu impor lagi melainkan bisa mengekspor padi sehingga devisa perdagangan bisa menjadi sehat karena ekspor dan impor seimbang.

Pada kesempatan itu, bupati yang juga terjun langsung di bidang pertanian asal desa Bunutin Kintamani, menyampaikan, kita harus bangga menjadi petani, dan kita harus mengormati petani, karena tanpa petani kita tidak akan bisa memenuhi pangan kita di dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau kita ingin menjadi petani sukses kita harus bersungguh-sungguh menekuni pekerjaan kita ini dan dengan diberikannya bantuan ini diharapkan petani bersungguh sungguh untuk mengolah bibit padi ini,” ujarnya.

Ketua YKPN Pusat Hj. Soud Aminah mengatakan, keunggulan bibit padi tri sakti ini dapat meningkatkan produksi. Yang biasanya ditanam di daerah yang produksinya 4 sampai 7 ton pertahun dalam 1 hektar, sedangkan bibit padi genjah tri sakti ini bisa menghasilkan sampai 14 ton per tahun. Dalam 1 hektar lahan dan juga dari tanam sampai panen bibit padi ini waktunya lebih singkat dari bibit-bibit padi lainnya.

“Kita memilih Provinsi Bali dan  Bangli untuk dijadikan denplot penanaman bibit padi tri sakti ini karena Bali terkenal dengan pengelolaan pertanian yang baik, terutama di bidang irigasinya melalui subak, di samping itu Kabupaten Bangli suhu dan struktur tanah sangat baik untuk bibit padi ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas PKP Kabupaten Bangli, Ir. I Wayan Sarme menyampaikan, wilayah Kabupaten Bangli, 5 sampai 6 persen merupakan  persawahan sehingga kebutuhan produksi beras masih kurang. Tetapi tercukupi dengan pangan seperti jagung, ketela dan lainnya, sedangkan untuk beras di Bangli masih kurang dibandingkan jumlah penduduk.

“Per tahunnya kita masih kekurangan sekitar 800 ton beras. Karena itu peningkatan produktivitas padi sangat penting dilaksanakan. Mudah-mudahan dengan adanya denplot varietas padi genjah tri sakti ini Kabupaten Bangli bisa menutupi kekurangan produksi padi,” harapnya. *ita

BAGIKAN