Tingkat Hunian Hotel di Denpasar, Merosot di Bawah 5 Persen  

Pandemi Covid-19 memang sangat berdampak pada pariwisata Bali, yang saat ini kedatangan wisatawan hampir nol.

Denpasar (bisnisbali.com) –Pandemi Covid-19 memang sangat berdampak pada pariwisata Bali, yang saat ini kedatangan wisatawan hampir nol. Hal ini tentu berpengaruh terhadap tingkat hunian hotel (okupansi), yang di Denpasar dengan wilayah andalan Sanur, tingkat hunian hotel di bawah 5 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Dezire Mulyani,  mengatakan, tingkat hunian hotel di Kota Denpasar saat ini hanya 4 persen kurang. Diakuinya pariwisata saat ini memang mengalami terjun bebas yang menjadi situasi sangat sulit bagi pelaku pariwisata. “Khususnya pengusaha hotel sangat terpuruk, kalau restoran untuk lokal masih ada,” katanya.

Sekian persen hunian hotel yang masih tepenuhi ini menurutnya juga dikarenakan wisatawan yang tinggal lama di Bali, bukan wisatawan baru. Meski demikian, Dezire mengatakan, kondisi sangat dipahami oleh pelaku pariwisata, yang semua berharap kondisi ini segera berlalu. “Sekarang ini adalah tahap berempati, bagaimana bersama-sama menjaga kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Ke depannya, jika situasi ini telah pulih kembali, Dezire mengatakan, tentu promosi-promosi akan kembali gencar dilakukan. Baik itu melalui penyelenggaraan festival dan sebagainya untuk mampu kembali menarik kunjungan wisatawan. *wid

BAGIKAN