Tim Verifikasi Desa Wisata  Gianyar Nilai Lima Desa

Tim Verifikasi Desa Wisata Kabupaten Gianyar terdiri dari Dispar, PMD, PUPR, Disperindag (Tim Pandawa) dalam proses memverifikasi calon - calon desa wisata 2020 di Gianyar.

VERIFIKASI-Tim Verifikasi Desa Wisata Kabupaten Gianyar terdiri dari Dispar , PMD, PUPR, Disperindag, (Tim Pandawa) memverifikasi calon- calon Desa Wisata 2020.

Gianyar (bisnisbali.com) –Tim Verifikasi Desa Wisata Kabupaten Gianyar terdiri dari Dispar, PMD, PUPR, Disperindag (Tim Pandawa) dalam proses memverifikasi calon – calon desa wisata 2020 di Gianyar. CEO BUMDesma Gianyar Aman, Mangku Nyoman Kandia, mengatakan, Tim Verifikasi Desa Wisata Gianyar dalam proses menilai 5 calon desa wisata di Kabupaten Gianyar.

Diungkapkannya,  tim verifikasi desa wisata Gianyar dibentuk berdasarkan SK Bupati Gianyar diketuai Kadispar Gianyar dan sekretaris,  Dr. Sukma Arida. Tim ini beranggotakan Ir. Made Saduarsa, Mangku kandia, Ir. Nyoman Buana dan Anak Agung Rai dari Museum ARMA.

Ia menjelaskan, tugas pokok tim ini yaitu memverifikasi lapangan atas proposal yang diajukan pengurus desa yang memuat 9 item. Tahun anggaran 2020 ada 5 desa yg diverifikasi yaitu Desa Dayan, Desa Manukaya, Desa Tampaksiring, Kelurahan Beng, dan Desa Bedulu. “Jika mereka lolos verifikasi Gianyar akan punya 24 Desa Wisata diperkuat SK Bupati Gianyar,” ucapnya.

Sebelumnya, Badan Usaha Milik Bersama Gianyar Aman bertandang ke Kota Phuket Thailand dalam ajang Thai International Travel Fairs ( TITF) ke- 25 berlangsung dari 29 Januari – 2 Februari 2020  di exhibition Hall Lime Light Avenue Debuk Road Phuket. Ini dalam rangkaian Desa Wisata di Gianyar berpromosi ke Phuket Thailand.

Mangku Nyoman Kandia, menyampaikan di TITF Phuket BUMDesma Gianyar memamerkan 22 Desa Wisata di Gianyar.

BUMDesma Gianyar Aman didirikan oleh 22 kepala Desa se-Gianyar melalui  kerja sama antardesa lewat Musyawarah Antardesa 28 Juni 2019 dipimpin oleh Perbekel Mas sebagai ketua Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD).

Terpilih dalam Musyawarah Antardesa, Jero Mangku Kandia sebagai Ketua BUMDesma Gianyar Aman ditetapkan dengan  Surat Keputusan Bupati Gianyar.

Bisnis utama dari BUMDesma Gianyar aman bergerak di bidang usaha jasa desa wisata dimana 22 desa dikemas menjadi sebuah destinasi.

Mangku Kandia yang juga praktisi pariwisata Bali memaparkan dalam santap malam di Royal Phuket Hotel 29 Januari 2020 dihadiri oleh tour operator Thailand, dan konsul Indonesia.

Mangku kandia CEO BUMDesma Gianyar Aman bertekad mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan ke desa- desa wisata binaan BUMDesma Gianyar Aman. Ini agar warga desa bisa menjadi tuan rumah dan peningkatan ekonomi lokal serta pelestarian budaya di desa.* kup

BAGIKAN