Tenun Endek Jembrana Mulai Berkembang

Kain tenun yang dihasilkan perajin di Kabupaten Jembrana yang lebih populer disebut songket memiliki ciri khas berbeda dibandingkan daerah lainnya.

PAMERAN – Ny. Putri Suastini Koster saat meninjau pameran kerajinan di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan bagi balita Kurang Energi Kronik di Wantilan Jaba Pura Jaganatha, Negara.

Negara (bisnisbali.com)-Kain tenun yang dihasilkan perajin di Kabupaten Jembrana yang lebih populer disebut songket memiliki ciri khas berbeda dibandingkan daerah lainnya. Belakangan para perajin juga mulai memproduksi kain endek dengan corak khas Bumi Makepung seperti corak jalak Bali. Hasil kerajinan ini terus berkembang.

Kain tenun endek Jembrana itu mendapatkan apresiasi Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster. Hal ini diungkapkannya saat meninjau pameran kerajinan di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan bagi balita Kurang Energi Kronik (KEK) di Wantilan Jaba Pura Jaganatha, Negara, Minggu (21/3).

Dikatakannya, sama seperti kabupaten lain yaitu Klungkung, Karangasem dan Buleleng, Jembrana juga memiliki hasil kerajinan tenun yang memiliki ciri khas tersendiri. Pendamping orang nomor satu di Bali ini mendorong terbetuknya sentra tenun di Jembrana nantinya. Kehadiran sentra tenun di Jembrana diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengayomi perajin tenun tradisional sehingga mereka dapat menjadi ujung tombak dalam pelestarian dan pengembangan produk lokal.

“Keberadaan sentra tenun ini saya harapkan bisa mengangkat kesejahteraan perajin karena mereka menjadi bagian penting dalam upaya pelestarian. Sejalan dengan itu, keberadaan sentra tenun ini juga diharapkan dapat membangun rasa tanggung jawab dan kecintaan masyarakat Jembrana untuk memakai produksi daerah sendiri. Saya berharap gagasan ini segera terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana Nengah Tamba menjelaskan, Jembrana memiliki hasil kerajinan tenun yang makin berkembang. Jika sebelumnya Jembrana dikenal dengan songketnya yang berbeda dengan hasil tenun kabupaten lain, saat ini kain endek mulai diproduksi masyarakat dan mulai berkembang. Untuk mengembangkan industri kerajinan tenun di wilayahnya, pihaknya akan membangun sebuah sentra tenun khas Jembrana. *wid

BAGIKAN