Temuan Minyak di Labuhan Diduga Bocoran Tangki Depo

Temuan minyak di  Banjar Labuhan, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, persisnya di ladang sebelah tembok pagar bagian barat Depo Pertamia Transit Manggis, Karangasem,

Almapura (bisnisbali.com) –Temuan minyak di  Banjar Labuhan, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, persisnya di ladang sebelah tembok pagar bagian barat Depo Pertamia Transit Manggis, Karangasem,  diduga merupakan rembesan dari bocoran tangki minyak Depo Manggis. Namun pihak Depo Pertamina Manggis, belum berani memastikan minyak yang ditemukan dan dicari warga itu, merupakan bocoran dari tangki minyak depo.

Camat Manggis, Ida Nyoman Astawa, menyampaikan hal itu, Senin (21/9) kemarin di Karangasem.  Ida Nyoman Astawa mengatakan, dari hasil penglihatan dan bau, memang ada kesesuaian antara jenis minyak yang biasa ditampung di tangki-tangki minyak Depo Pertamina Transit Manggis dengan yang ditemukan warga serupa. Yakni premium.

Namun, hal itu belum berani dipastikan. Jadi baru sebatas dugaan,  sebelum ada penelitian dan disimpulkan langsung dari ahli yang nantinya didatangkan pihak Depo Pertamina Manggis. ‘’Informasi dari warga yang mencari minyak itu, ada yang dapat satu jerigan isi sekitar lima liter. Minyak itu bisa dipakai langsung. Ada yang dibakai untuk bahan bakar atau mengisi  tangki mesin jukung,’’ tandas camat Ida Nyoman Astawa.

Selama dua hari, memang  medsos dibanjiri warga Labuhan, Kecamatan Manggis dihebohkan dengan munculnya minyak dari dalam tanah di ladang  sebelah barat di luar tembok Depo Pertamina. Persisnya di lahan milik Wawan Gobel. Puluhan warga di sekitarnya turut mencari minyak  dengan membuat puluhan lubang sedalam 30 sentimeter sampai sekitar satu meter. Dan warga berhasil mendapatkan minyak.

Namun kemarin sudah tak ada lagi warga mencari minyak karena kandungan minyak sudah sangat sedikit. Tetapi lebih banyak air.  Selain itu, pihak Depo Pertamina Manggis juga sudah membuat lubang penyekat, sehingga seandainya memang ada rembesan dari kebocoran tangki Depo Pertamina, rembesan minyak akan mengalir ke lubang yang dibuatkan itu dan setelah terkumpul akan disedot, agar tidak merembes ke mana-mana dan tidak mencemari lingkungan di sekitarnya. Tangki minyak Depo Pertamina yang terdekat jaraknya  dengan lokasi penemuan minyak  oleh warga juga dikosongkan. *bud

BAGIKAN