Tatanan Kehidupan Era Baru, Dukung Pemulihan Ekonomi Bali

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali, Trisno Nugroho mengakui penerapan tatanan kehidupan Bali era baru sebagai salah satu upaya mendukung pemulihan ekonomi Bali.

Denpasar (bisnisbali.com) –Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali, Trisno Nugroho mengakui penerapan tatanan kehidupan Bali era baru sebagai salah satu upaya mendukung pemulihan ekonomi Bali.Khususnya, sektor pariwisata melalui implementasi protokol safety, health dan cleanliness.

“Termasuk di dalamnya melakukan transaksi secara digital menggunakan QR code Indonesian standard (QRIS). Transaksi menggunakan digital selain cepat dan aman juga mencegah penyebaran virus corona,” katanya.
Trisno mengatakan, penerapan transksi berbasis digital dengan QRIS salah satunya di Kawasan Kuliner Taman Kota Singaraja. Kawasan yang memiliki 50 pedagang UMKM ini telah menerapkan transaksi pembayaran berbasis digital dengan menggunakan QRIS. Penggunaan QRIS sejalan dengan protokol tatanan kehidupan era baru yang menonjolkan pentingnya physical distancing.
“Kini kawasan kuliner Taman Kota Singaraja telah siap menjadi kawasan kuliner berbasis digital. Harapannya, melalui peresmian ini akan makin mendorong percepatan dan perluasan penggunaan QRIS di Bali dan khususnya di Kabupaten Buleleng,” paparnya.
Berdasarkan data, hingga 3 Juli 2020, jumlah merchant QRIS di wilayah Bali telah mencapai 101.200 merchant di mana 6.346 di antaranya tersebar di Kabupaten Buleleng. Dengan transaksi berbasis digital, bank sentralmengapresiasi atas kerja sama dan koordinasi yang baik selama ini dengan pemerintah provinsi Bali, pemerintah Kabupaten Buleleng, perbankan serta masyarakat sehingga pada hari ini dapat jadikan Kawasan Kuliner Taman Kota sebagai Kawasan Kuliner Berbasis Digital di mana seluruh pembayaran sudah dapat dilakukan secara digital menggunakan QRIS.
Seperti diketahui pada 9 Juli 2020, pemerintah provinsi Bali secara resmi membuka 14 sektor secara terbatas untuk masyarakat lokal dengan menerapkan protokol tatanan kehidupan era baru. *dik

BAGIKAN