Suwirta Serahkan SK Penegerian TK dan BSM

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menyerahkan SK Penegerian TK serta pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi siswa SD dan SMP se-Kabupaten Klungkung

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan SK Penegerian TK serta pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi siswa SD dan SMP.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menyerahkan SK Penegerian TK serta pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi siswa SD dan SMP se-Kabupaten Klungkung bertempat di SD Negeri Satra, Sabtu (28/12). SK Penegerian TK diserahkan kepada Kepala TK Negeri Desa Satra dan Kepala TK Negeri Desa Kutampi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menyatakan dengan menjadi TK Negeri, maka semua biaya pendidikan baik operasional lembaga, gaji tenaga pendidik, maupun sarana prasarana dapat ditanggung APBD, sehingga layanan publik bidang pendidikan dalam bentuk layanan pendidikan gratis di jenjang TK dapat diwujudkan.

Dengan berstatus TK Negeri, pemerintah kabupaten secara legalitas formal dan administrasi dapat memfasilitasi segala kebutuhan sarana prasarana pendukung pelayanan publik bidang pendidikan jenjang TK. “Hal ini untuk meningkatkan minat masyarakat memasukkan anaknya di jenjang pendidikan TK terdekat, yakni di desa sendiri,” ujar Darmawan.

Selama 2019 ini, Pemkab Klungkung telah mengelola 18 TK negeri, dan di tahun 2020 nanti program penegerian TK sebanyak 13 lembaga. “Semoga program inovasi Bapak Bupati Klungkung yakni 1 Desa 1 TK Negeri dapat terwujud secara tuntas di tahun 2021,” harapnya.

Terkait BSM, Darmawan mengungkapkan penyerahan bantuan ini merupakan upaya pemkab untuk melakukan pemerataan kesempatan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan serta menekan angka putus sekolah. Pemberian BSM juga untuk mendukung pencapaian program rintisan wajib belajar 12 tahun yang bermutu.

Penerima BSM untuk jenjang SD berjumlah 2.690 orang dengan besaran dana Rp500 ribu per orang sedangkan untuk jenjang SMP berjumlah 926 orang dengan besaran dana Rp600 ribu per orang. Dana tersebut telah disalurkan ke rekening sekolah masing-masing. “Pada kesempatan ini Bapak Bupati menyerahkan SK pencairan dana secara simbolis, selanjutnya pihak sekolah secara teknis melakukan pencairan dana untuk diserahkan kepada siswa bersangkutan dan disaksikan orang tua siswa,” sebutnya.

Suwirta minta Kepala Desa agar berperan aktif dalam memantau bidang pendidikan dan kesehatan di wilayahnya masing-masing. Dirinya juga memerintahkan Dinas Pendidikan untuk mendata siswa yang perlu beasiswa dan Kepala Desa membantu Dinas Pendidikan dalam melakukan verifikasi data. “Dinas Pendidikan supaya mempunyai gagasan dan ide dalam rangka mensejahterakan masyarakat Klungkung di bidang pendidikan,” harap Bupati Suwirta. *dar

BAGIKAN