Suwirta Minta Musrenbang RKPD Dilaksanakan secara ”Online”

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri acara Pembukaan Musrenbang RKPD Semesta Berencana Kabupaten Klungkung Tahun 2021 bertempat di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri Pembukaan Musrenbang RKPD Semesta Berencana Kabupaten Klungkung Tahun 2021 di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung.
Semarapura (bisnisbali.com) -Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri acara Pembukaan Musrenbang RKPD Semesta Berencana Kabupaten Klungkung Tahun 2021 bertempat di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung.
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Klungkung, I Wayan Wasta selaku Ketua Tim Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Semesta Berencana Kabupaten Klungkung Tahun 2021 melaporkan Musrenbang RKPD Semesta Berencana Kabupaten Klungkung tahun 2021 diselenggarakan dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan yang mencakup prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Klungkung dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan, usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan, indikator kinerja program, dan kegiatan prioritas kabupaten serta sinergi dengan RKP dan RKPD Semesta berencana Provinsi Bali.
Kegiatan Musrenbang RKPD Semesta Berencana Kabupaten Klungkung Tahun 2021, memiliki tujuan, antara lain menyepakati permasalahan pembangunan daerah; menyepakati prioritas pembangunan daerah; menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi; penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi; serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan. “Kegiatan Musrenbang ini berlangsung selama tiga hari hingga 18 Maret 2020,” katanya.
Bupati Suwirta dalam sambutannya menyampaikan, dalam menyusun RKPD Semesta Berencana Kabupaten Klungkung Tahun 2021 agar menyesuaikan dengan capaian data statistik yang dimiliki Kabupaten Klungkung saat ini. Dirinya mengharapkan agar masing-masing OPD berperan aktif melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti UMKM dan kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya, agar dapat memperkecil perbandingan gini rasio perekonomian yang terjadi di Kabupaten Klungkung.
“Kepada perangkat desa agar dapat menjalankan skala prioritas program-program yang ada di desa masing-masing,” tegasnya.
Terkait virus Corona, Bupati Suwirta mengharapkan Tim Penyusun RKPD Tahun 2021 agar memperhatikan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini sebagai pertimbangan dan memikirkan langkah-langkah recovery yang akan dilakukan pemkab pada tahun 2021. “Sesuai Surat Edaran yang sudah saya keluarkan terkait pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Pemkab Klungkung, saya minta supaya Musrenbang RKPD Semesta Berencana Kabupaten Klungkung Tahun 2021 selanjutnya dilaksanakan secara online, untuk itu masing-masing pokja agar tetap berkoordinasi dengan menggunakan sistem online,” harapnya.
Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Tjokorda Gde Agung, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Klungkung, Muspida, Anggota DPRD Kabupaten Klungkung, LSM, Camat dan Pebekel se-Kabupaten Klungkung. *dar
BAGIKAN