Suwirta Ajak Guru Tingkatkan Disiplin dan Tanamkan Nilai Karakter

-Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memberikan pembinaan disiplin kepada pendidik dan tenaga pendidikan jenjang TK, SD dan SMP se-Kecamatan Nusa Penida.

PEMBINAAN - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memberikan pembinaan disiplin kepada pendidik dan tenaga pendidikan jenjang TK, SD dan SMP di Kecamatan Nusa Penida.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memberikan pembinaan disiplin kepada pendidik dan tenaga pendidikan jenjang TK, SD dan SMP se-Kecamatan Nusa Penida. Acara tersebut berlangsung di Balai Banjar Kutampi, Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, baru-baru ini.

Bupati Suwirta menyampaikan, pembinaan ini tak hanya sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Menurutnya, pendidik dan tenaga kependidikan dituntut bekerja secara profesional dalam mendukung kesuksesan kegiatan belajar mengajar, selain juga harus bisa menjadi teladan untuk anak didik. “Jaga penampilan menjadi guru mulai dari kerapian berseragam, potongan rambut serta bangga menggunakan seragam sekolahnya, dan pentingnya pendidikan karakter harus selalu ditanamkan dan wujudkan kasih sayang terhadap anak didik,” ujar Bupati Suwirta di depan ribuan guru.

Melihat perkembangan pariwisata yang terjadi saat ini, dirinya berharap tidak menerima laporan adanya guru yang meninggalkan pekerjaan demi mencari uang tambahan di dunia pariwisata. Selain itu, Bupati juga meminta agar di masing-masing sekolah selalu menjaga perda tentang rokok, serta kepada masing-masing guru pengajar agar bisa membuat sistem dan inovasi yang kuat di sekolah. “Jangan merokok di sekolah, saya bukan melarang anda merokok, tetapi saya mengatur anda untuk tidak merokok di sekolah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, Dewa Gde Darmawan dalam laporannya mengatakan, menjadikan tenaga pendidik yang unggul dan berdaya saing maka yang utama adalah penegakan disiplin suluruh tenaga pendidik PNS maupun non PNS serta menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan biologis, wajib mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan, memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga serta profesi, sehingga guru menjadi soko guru.

Pihaknya juga menegaskan kedisiplinan harus diajarkan dan ditanamkan sejak dini sehingga akan membawa dampak yang positif bagi para siswa. “Penegakan disiplin sangat penting dilakukan, yakni peningkatan disiplin berbusana, disiplin kerja, taat terhadap peraturan yang berlaku, serta disiplin data. Diharapkan dari pembinaan ini semua bisa memahami segala informasi yang diberikan,” imbuh Darmawan.

Pembinaan kali ini diikuti semua ASN di Kecamatan Nusa Penida dari jenjang TK, SD, hingga SMP sebanyak 641 orang selain tenaga kontrak. “Total tenaga pendidik di Kecamatan Nusa Penida sebanyak 847 orang,” imbuhnya. *dar

BAGIKAN