Surya Adnyani Mahayastra, Pola Hidup Bersih dan Sehat

PENERAPAN new normal atau tatanan kehidupan baru yang didengungkan oleh pemerintah pusat, tidak harus membuat masyarakat menjadi lengah.

PENERAPAN new normal atau tatanan kehidupan baru yang didengungkan oleh pemerintah pusat, tidak harus membuat masyarakat menjadi lengah. Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan dalam fase new normal,  masyarakat tetap diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Diungkapkannya belum lama ini, PHBS di masa new normal mencakup menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan memakai sabun hingga tetap menjaga jarak.

Ia menjelaskan PHBS di PKK sebetulnya sudah ada dari dulu. Namun itu tidak diterapkan secara optimal. “Barangkali masyarakat di sekitar kita belum memahami, ternyata program PHBS  itu sangat penting tidak hanya sekedar teori saja,” katanya. Sambung dia, pihaknya baru menyadari langkah-langkah yang dilakukan dalam PHBS sangat tepat  menangkal penyebaran Covid-19.

Ny. Adnyani Mahayastra memaparkan, melalui pemberdayaan masyarakat (empowerment), TP PKK sendiri telah memulainya dari lingkungan rumah tangga maupun dasa wisma di masing-masing banjar. Rumah tangga atau keluarga memegang peranan penting dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat. “Dengan menerapkannya terlebih dahulu di lingkungan rumah tangga, maka otomatis akan lebih mudah menerapkan ke lingkungan yang lebih luas yaitu masyarakat,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.  *kup

BAGIKAN