Surya Adnyani Mahayastra, Gelar Pelatihan Barista 

TIM Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat melaksanakan program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH).

Surya Adnyani Mahayastra

TIM Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat melaksanakan program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH). Ketua TP PKK Gianyar Surya Adnyani Mahayastra mengatakan bahwa pelatihan Barista Gianyar Aman merupakan gagasan darinya selaku Ketua PKK untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak muda generasi milenial meningkatkan skill (keahlian) melalui program PKH.

Diungkapkannya, pelatihan barista ini dilaksanakan selama 20 hari. Para peserta dari kalangan sekolah pariwisata, SMK, kampus-kampus pariwisata, hotel, dan kalangan profesional, di Gianyar.

Surya Adnyani Mahayastra mengapresiasi acara itu karena para peserta sangat serius serta antusias mengikuti pelatihan. Dalam kondisi pandemi Covid-19, hal ini tentu merupakan modal untuk mereka menjadi wirausaha-wirausaha muda, sehingga ada generasi muda yang punya skill  andal dan mandiri. Dalam hal ini kecakapan barista yang merupakan keahlian meracik kopi karena saat ini tidak hanya orang tua yang minum kopi, namun juga kalangan anak muda.

Menurutnya, banyak kafe, coffee shop atau kedai kopi yang berkembang di sepanjang jalan. “Karena ini sudah menjadi tren anak muda, maka inilah yang menjadi dasar kami membuat pelatihan barista berbasis kompetensi,” tegas Surya Adnyani Mahayastra.

Setelah pelatihan barista ini selesai, para peserta diharapkan dapat bekerja di kafe, hotel, bar, dan lain-lain. Bahkan dapat membuka usaha kafe atau coffee shop.

Surya Adnyani Mahayastra menambahkan di samping pelatihan barista, TP PKK dan Dinas Pendidikan Gianyar juga menyiapkan uji kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari pusat bagi peserta pelatihan. Ini sebagai bukti mereka menjadi barista yang berkompeten. “Kami memberikan kesempatan bagi tujuh belas peserta ini untuk mengikuti uji kompetensi secara gratis,” tandas Surya Adnyani Mahayastra. *kup

BAGIKAN