Sukseskan GNNT, UPT Samsat Tabanan ”Gandeng” Perbankan

Guna ikut menyukseskan program pemerintah melalui gerakan nasional nontunai (GNNT), UPT Samsat Tabanan berencana menggandeng perbankan.

Tabanan (bisnisbali.com) –Guna ikut menyukseskan program pemerintah melalui gerakan nasional nontunai (GNNT), UPT Samsat Tabanan berencana menggandeng perbankan. Kerja sama tersebut, khususnya dalam hal melayani wajib pajak (WP) yang menunaikan kewajinan membayar pajak kendaraan melalui Kode Respon Cepat Standar Indonesia (QRIS).

Kepala UPT Samsat Tabanan, Putu Sudiana, Minggu (12/1) mengungkapkan, segera akan menyediakan dua loket pembayaran, untuk pembayaran tunai dan nontunai. Paparnya, terkait itu, rencana nanti sebelumnya akan dikoordinasikan dengan Bank BPD Bali.

“Kami segera lakukan kordinasi. Mudah-mudahan bisa secepatnya bisa dilaksanakan. Itu sesuai dengan upaya kami dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat,” tuturnya.

Selain itu jelas Sudiana, terkait pelayanan juga akan akan dilengkapi dengan layar monitor di lokasi atau sekitar loket pembayaran, sehingga WP bisa mengetahui langsung besaran pajak yang harus dibayarkan. Upaya tersebut, katanya, sekaligus untuk lebih mempersingkat waktu layanan.

Sementara itu, Direktur Kredit Bank BPD Bali, Made Lestara Widiatmika, S.E. yang turut hadir dalam peluncuran Samsat Gelis mengungkapkan, sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan pemerintah dalam hal pembayaran samsat kendaraan. Sebab, terobosan ini efektif selain meningkatkan kualitas pelayanan, juga akan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menunaikan kewajiban membayar pajak kendaraan, mengingat bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

“Terkait layanan cepat, kami bahkan berharap agar pembayaran pajak oleh WP di UPTD Samsat Tabanan dan loket lainnya bisa dilakukan secara non tunai menggunakan QRIS Bank BPD Bali,” ujarnya.

Terangnya, saat ini di era modern atau serbadigital, pembayaran dengan sistem nontunai memberikan banyak kemudahan sekaligus ikut menyukseskan GNNT. Bercermin dari itu harapannya, agar secepatnya UPT Samsat Tabanan bisa mengupayakan untuk segera me-launching pembayaran samsat melalui QRIS yang juga bisa dilakukan melalui kartu debit ATM. *man

BAGIKAN