Sukses Lewat Teh Jamur Kombucha

BANYAK yang tidak tahu apa itu kombucha dan khasiatnya bagi kesehatan manusia.

BANYAK yang tidak tahu apa itu kombucha dan khasiatnya bagi kesehatan manusia. Teh kombucha telah dikenal di banyak negara, termasuk Asia, Rusia, Jerman, hingga Amerika Serikat. Teh ini dikenal karena memiliki khasiat sebagai penawar racun. Karena khasiatnya inilah, teh tersebut memiliki berbagai sebutan, seperti teh untuk tujuh turunan atau teh keabadian, jamur dipo, dan jamur teh Manchuria.

Owner Werdi Gandrung Dr. Anak Agung Sri Mahyuni, DE. MA.GB mengatakan, pengembangan produk jamurnya berawal dari budi daya jamur tiram pada 2010. Karena jamur budi dayanya banyak yang terbuang setiap panen atau mencapai 50 kg, lalu mengolahnya menjadi makanan yang siap dikonsumsi. Kemudian ia mencoba mengolah jamur menjadi sate, lawar, pepes, dan lain sebagainya. Selain itu, juga memgolahnya menjadi bakso jamur, karena teksturnya seperti daging ayam sehingga mudah dalam mengolahnya.

“Bukan hanya jamur tiram, kita juga diwariskan jamur kombucha. Pada 2011, kami tampilkan masakan tradisional dalam acara festival di Kecamatan Sukawati, ditambah jamur kombucha. Ada rombongan yang mampir dan jamur kombucha ini paling pertama habis. Karena airnya sudah habis, mereka minta jamurnya dimasukkan ke galon. Saya waktu itu heran dan bertanya, apa rasanya jika jamur itu langsung dimasukkan dalam galon. Mereka bilang, kami mencari khasiatnya bukan rasanya,” katanya.

Gung Sri mengakui saat itu memang belum tahu jamur yang ia jual memiliki khasiat. Gung Sri kemudian belajar dan semakin fokus mengembangkan teh jamur kombucha. “Untuk membuatnya, kita cukup menggunakan media berupa teh manis, harus ada gula sebagai nutrisi bagi jamur tersebut. Buatnya hanya sekali saja, masukkan jamur dalam gentong yang telah diisi teh manis. Tunggu 7-14 hari baru berbagai kandungan vitamin dalam jamur tersebut akan keluar. Supaya bagus hasilnya, dalam satu liter teh manis diisi satu lapis jamur setebal 1 cm dengan diameter 10 cm,” ujarnya.

Menurutnya, kalau lewat dari 14 hari, akan menjadi cuka kombucha dan harganya lebih mahal. Khasiatnya sama, tetapi saat meminumnya harus dicampur dengan air.

Harga Teh Kombucha dalam kemasan 600 liter dijual Rp 5.000-Rp 7.000 per botol. Sedangkan cuka kombucha 630 liter dijual Rp 100 ribu per botol. Teh kombucha dikenal memiliki berbagai khasiat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sembelit, menyembuhkan gangguan insomnia, maag dan gangguan pencernaan, asam urat, migrain, diabetes, asma, mencegah dan mengobati kanker, melangsingkan tubuh, menurunkan tekanan darah, menghambat menopause, dan mempertahankan daya ingat. Berempat dengan keluarganya, mereka bisa memproduksi 200 botol teh jamur Kombucha dalam sehari.

“Kombucha rentan terkontaminasi. Perawatannya harus bagus, ruangan harus stetil dalam wadah yang higienis. Selama ini satu orang hanya bisa mengontrol 30-40 bibit Kombucha. Bibitnya bertahan seumur hidup dan bisa diwariskan,” tutupnya. *suk

BAGIKAN