Suiasa Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Kuta 2021

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Kuta yang dibuka Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya di Kantor Camat Kuta, Selasa (4/2) kemarin.

KUTA - Wabup Suiasa menghadiri pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Kuta di Kantor Camat Kuta, Selasa (4/2) kemarin.

Terdapat 484 Usulan dengan Anggaran Rp777 M lebih

Mangupura (bisnisbali.com) –Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Kuta yang dibuka Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya di Kantor Camat Kuta, Selasa (4/2) kemarin. Turut hadir Ketua DPRD Badung diwakili IG Anom Gumanti, anggota DPRD I Nyoman Graha Wicaksana, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny. Kristiani Suiasa beserta organisasi kewanitaan lainnya, Camat Kuta I Nyoman Rudiarta beserta Tripika, Kepala Badan Statistik Badung Ni Putu Minarni, kepala OPD di lingkungan Pemkab Badung, lurah dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Kuta. Adapun tema RKPD Kabupaten Badung tahun 2021 yaitu “Akselerasi Ekonomi Melalui Peningkatan SDM Unggul, Penguatan Infrastruktur, Budaya dan Lingkungan Hidup”.

Camat Kuta I Nyoman Rudiarta melaporkan, Kecamatan Kuta membagi usulan menjadi 4 kelompok sektor prioritas, antara lain sektor ekonomi dan sumber daya alam terdiri atas 30 usulan. Kemudian dari sektor sarana prasarana wilayah terdiri atas 300 usulan, sektor sosial dan budaya terdiri atas 13 usulan dan sektor pengembangan SDM terdiri atas 141 usulan sehingga total usulan 484 usulan dengan anggaran Rp777.417.492.000.

Sementara itu Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya dalam sambutannya menyampaikan Musrenbang RKPD hari ini merupakan pelaksanaan yang kedua setelah dilaksanakan di Kecamatan Kuta Selatan Senin (3/2) lalu dan berturut-turut hingga 12 Februari terakhir dilaksanakan di Kecamatan Mengwi.

Setelah dilaksanakan di tingkat kecamatan nantinya dilaksanakan di tingkat kabupaten. Dikatakan, musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah Kecamatan. Lebih lanjut Wira Dharmajaya mengatakan maksud dilaksanakan musrenbang di tingkat kecamatan adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

Sementara itu Wabup Suiasa mengucapkan terima kasih kepada komponen masyarakat Kuta yang hadir dalam rangka membuat korelasi perencanaan masyarakat melalui program pembangunan di tingkat kecamatan. “Ini adalah salah satu bentuk komitmen kita bersama. Pemerintah Kabupaten Badung selalu memberikan peluang yang seluas-luasnya untuk memperhatikan aspirasi masyarakat dengan perencanaan yang sifatnya matang, kemudian menjadi kebijakan daerah. Perencanaan yang kita buat secara berskala dari bawah yang nantinya dikoordinasikan sekala prioritas menjadi kebijakan daerah sesuai misi visi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021. Terkait dengan wilayah masyarakat Kuta yang nantinya dikorelasikan dengan apa yang menjadi kebijakan yang dibuat di Kuta ini sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Kuta,” jelas Suiasa.

Wabup mengatakan, usulan ini akan diatensi khusus, terlebih dengan Kuta yang merupakan kawasan perkotaan bahkan secara tata ruang Kuta ini merupakan kecamatan yang kegiatannya bertaraf internasional maka dengan demikian dari segi infrastruktur dan kelengkapan fasilitas itu menjadi atensi khusus. “Dari hal-hal yang menyangkut infrastruktur hingga kualitas jalan, penanggulangan banjir termasuk komponen drainase dan sebagainya ini akan menjadi atensi kami kedepannya,” tegasnya. *adv

BAGIKAN