Subak Semeagung Terima Pompa Air Tenaga Surya dari Jepang

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mewakili Bupati Klungkung menghadiri peresmian dan serah terima pompa air dengan tenaga surya dari Pemerintah Jepang untuk irigasi pertanian Subak Semeagung di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

SERAH TERIMA - Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta (kanan) menghadiri peresmian dan serah terima pompa air tenaga surya dari Pemerintah Jepang untuk irigasi pertanian Subak Semeagung di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan.

Semarapura (bisnisbali.com) –Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mewakili Bupati Klungkung menghadiri peresmian dan serah terima pompa air dengan tenaga surya dari Pemerintah Jepang untuk irigasi pertanian Subak Semeagung di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Acara serah terima dilakukan oleh Sekretaris Duta Besar Jepang di Indonesia, Yosidha Kazuho kepada Kelian Subak Semeagung, I Wayan Darta. Turut hadir Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar Ohashi Koichi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida serta krama Subak Semeagung.

Pemkab sangat mengapresiasi program hibah pengadaan air irigasi tersebut. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Klungkung saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Toyama City, Jepang dan Lembaga CORE (Center Of Excellence Community Base Renwable Energy) Unud Denpasar,” ujar Made Kasta.

Ia berharap krama Subak Semeagung agar menjaga keharmonisan dan kemitraan yang sudah terjalin serta dapat terus berkembang di bidang pembangunan lainnya guna terwujudnya Klungkung yang Unggul dan Sejahtera. “Khususnya kepada krama Subak Semeagung agar memanfaatkan hibah ini secara maksimal dan menjaga keberadaan proyek hibah dari Pemerintah Toyama City, Jepang dengan baik, guna menjaga keberlanjutan kerjasama dalam pengembangan pembangunan di bidang lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Duta Besar Jepang di Indonesia, Yoshida Kasuno mengatakan mesin pompa air ini menggunakan tenaga surya sebanyak seratus panel dengan nilai Rp 1,2 miliar. Pihaknya berharap bantuan ini agar dijaga dan dimanfaatkan dengan maksimal untuk pengairan lahan pertanian di Subak Semeagung. Dengan bantuan ini pula diharapkan dapat meningkatkan penghasilan dan perekonomian para perani. “Mari jaga dan manfaatkan bantuan ini dengan maksimal. Semoga dengan bantuan ini akan meningkatkan penghasilan para petani,” ungkapnya. *dar

BAGIKAN