Stimulus Pemerintah, Kemudahan bagi Debitur BPR

Pemerintah sudah merancang stimulus untuk menggairahkan sektor pariwisata dengan kebijakan diskon tiket pesawat dan penghapusan sementara pajak hotel dan restoran.

Gianyar (bisnisbali.com) –Pemerintah sudah merancang stimulus untuk menggairahkan sektor pariwisata dengan kebijakan diskon tiket pesawat dan penghapusan sementara pajak hotel dan restoran. Sekretaris DPD Perbarindo Bali, Made Suarja mengatakan atas dasar stimulus pemerintah, bank perkreditan rakyat (BPR) juga memberikan kemudahan kepada  debitur yang selama ini bergerak di sektor pariwisata dan debitur yang terkena imbas dampak corona.

Direktur Utama BPR Udary ini meyakinkan wabah virus corona akan berdampak pada ekonomi Bali. Pada akhirnya, sektor perbankan termasuk BPR terkena imbas virus corona.

Ia menjelaskan untuk mengantisipasi dampak wabah corona tersebut, perlu ada kebijakan dari pemerintah dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk bisa memulihkan kondisi ekonomi saat ini.

Dipaparkannya, kebijakan pemerintah dalam bentuk rencana pemberian stimulus relaksasi kepada bank. Ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada para nasabah bank. “OJK diharapkan bisa segera memastikan penerapan relaksasi tersebut,” ucapnya.

Made Suarja melihat wabah virus corona ini menjadi perhatian masyarakat. Ini dikarenakan corona ini terutama berdampak terhadap pada penurunan sektor pariwisata. Menurutnya, tidak sedikit masyarakat Bali yang mendapatkan penghasilan dari pariwisata. Akibat corona ini praktis menurunkan pendapatan masyarakat.

Penurunan pendapatan ini menjadi kendala nasabah debitur menyelesaikan kreditnya. “Nah untuk itu perlu ada kebijakan guna bisa memberikan kemudahan bagi debitur,” tegasnya.

Made Suarja menambahkan dengan adanya kebijakan dari pemerintah akan dapat meringankan beban para nasabah. Ini terutama debitur yang terkena dampak virus corona. “Kebijakan relaksasi ini tentu akan bisa memberikan solusi bagi para nasabah, dengan demikian diharapkan ke depan kondisi ekonomi khususnya di Bali diharapkan dapat membaik,” tambahnya. *kup

BAGIKAN