“Starup Competition” Dorong Perkembangan Wirausaha Muda Bali

Bali dengan penduduk sekitar 4,3 juta jiwa ditambah jumlah wisatawan yang datang ke Bali menjadi pasar potensial untuk produk usaha mikro kecil menengah (UMKM)

Pembukaan Grand Final Pegadaian Bali Start Up Competition yang diadakan oleh PT Pegadaian Wilayah VII Denpasar di Kampus Unud Denpasar, Senin (25/11).

Denpasar (bisnisbali.com) – Bali dengan penduduk sekitar 4,3 juta jiwa ditambah jumlah wisatawan yang datang ke Bali menjadi pasar potensial untuk produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).  Peluang ini harus bisa digarap oleh generasi muda, sehingga berbagai cara dilakukan untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya wirausaha muda.  Salah satunya dengan ajang kompetisi atau dewasa ini lebih tren disebut startup competition.

“Belum lagi bonus demografi, yakni kalangan milenial paling suka travelling. Jadi produk-produk UMKM harus menyasar pada golongan milenial tadi, termasuk kelompok wisatawan. Generasi muda memiliki kesempatan dalam hal ini,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali Gede Indra usai menghadiri pembukaan Grand Final Pegadaian Bali Start Up Competition yang diadakan oleh PT Pegadaian Wilayah VII Denpasar di Kampus Unud Denpasar, Senin (25/11).

Dalam meningkatkan daya saing UMKM diakui pemerintah tak bisa berjalan sendiri, diperlukan dorongan dari stake holder lainnya, semisal salah satunya BUMN dalam hal ini PT Pegadaian. Keberadaan BUMN, perguruan tinggi dan media juga sangat penting dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Bali khususnya.

Kegiatan semacam ini, menurut Gede Indra, mampu mendorong atau turut menumbuhkembangkan generasi milenial untuk berinovasi, berkreativitas dan tentunya bisnisnya akan tumbuh dengan adanya bimbingan dari para pakar. “Saya berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan, bukan hanya tahun ini karena tantangan ke depan makin berat jadi siapa yang eksis, dia yang unggul,” tambahnya.

Semenyara itu,  Pemimpin Wilayah VII PT Pegadaian Denpasar Nuril Islamiyah mengatakan kegiatan mendukung program Presiden dan juga Gubernur Bali agar tahun 2020 generasi milenial bisa lepas landas. “Pegadaian Bali Start Up Competition merupakan wadah kepada anak-anak muda untuk berkompetisi bagaimana bisa mengembangkan ide yang kemudian bisa dikreatifkan,” ujarnya. *wid

BAGIKAN