’’Soft Launching’’ RSU Payangan, Gianyar

Pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Bupati Gianyar Made Mahayastra,

RUMAH SAKIT - Soft opening Rumah Sakit Umum Payangan.

Gianyar (Bisnis Bali) –Pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Bupati Gianyar Made Mahayastra, sebagai salah satu upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada warga Gianyar. Hal tersebut sejalan dengan misinya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan publik.

Untuk itu, Bupati Mahayastra terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Gianyar. Mulai dari peningkatan kualitas pelayanan RS Sanjiwani, baik infrastruktur maupun sistemnya hingga memberikan jaminan kesehatan kepada warga secara gratis. Kini,  Mahayastra kembali melakukan soft opening Rumah Sakit Umum Payangan.

Rumah sakit tipe C pertama di Payangan ini, dibangun Pemkab Gianyar karena adanya kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dengan cepat dan akses terdekat. Untuk itu RS Payangan akan terus dikembangkan sehingga memiliki fasilitas memadai terutama dalam hal kegawatdaruratan. Apalagi menurut Bupati Mahayastra, Payangan berada dekat dengan wilayah bencana atau terkena dampak bencana. Diharapkan dengan dibangunnya RS Payangan dapat membantu masyarakat apabila terjadi bencana.

“Payangan berada dekat dengan wilayah bencana atau terkena dampak bencana  sudah sepantasnya memiliki fasilitas kesehatan yang memadai, sehingga apabila terjadi bencana masyarakat secara cepat akan mendapatkan pertolongan”, tutur Bupati Mahayastra.

Dengan dibangunnya RS Payangan, pelayanan kesehatan dapat dilakukan secara efektif dan efisien bagi warga yang berada di seputar Payangan. Kedepan, sesuai dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam menyediakan pelayanan yang memadai, berbagai sarana dan prasarana termasuk Sumber Daya Manusia akan dilengkapi serta ditingkatkan kualitasnya.

Bupati Mahayastra berpesan agar jajaran Rumah Sakit Umum Payangan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang datang ke rumah sakit, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Gianyar secara keseluruhan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, mengungkapkan hal senada bahwa RS Payangan dibangun sesuai kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang efisien serta diharapkan menjadi rumah sakit penyangga kejadian luar biasa.

“Rumah Sakit Payangan dibangun sesuai kebutuhan masyarakat, harapannya menjadi rumah sakit penyangga kejadian luar biasa, mengingat lokasinya yang berada dekat dengan wilayah bencana maupun  wilayah terkena dampak bencana,” ujarnya.

Hal tersebut senada dengan tujuan pembangunan kesehatan di Kabupaten Gianyar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayan masyarakat yang dilakukan pada semua kontinum siklus kehidupan mulai dari bayi hingga lansia.*kup

BAGIKAN