Sistem Transparansi, LPD Belancan Segera Terapkan Layanan Berbasis TI

Dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan sistem transparansi, LPD Desa Adat Belancan, Kintamani, Bangli dalam waktu dekat akan menerapkan layanan berbasis teknologi informasi (TI).

Bangli (bisnisbali.com) –Dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan sistem transparansi, LPD Desa Adat Belancan, Kintamani, Bangli dalam waktu dekat akan menerapkan layanan berbasis teknologi informasi (TI). Layanan ini nantinya akan bekerja sama dengan PT Bank BPD Bali dengan sistem e-link LPD.

Pemucuk (Kepala) LPD Desa Adat Belancan I Ketut Denia, saat ditemui belum lama ini mengatakan, seiring perkembangan LPD Desa Adat Belancan yang terus terjadi setiap tahunnya, maka harus diimbangi pula dengan layanan yang memberikan kemudahan dan sistem transparansi kepada masyarakat. “Tahun ini (2020) akan segera kami realisasikan layanan berbasis TI. Kami akan segera menjalin kerja sama dengan BPD Cabang Bangli,” ungkapnya.

Selain segera merealisasikan layanan berbasis TI, untuk meningkatkan antusias masyarakat datang ke LPD, kata Ketut Denia, LPD Desa Adat Belancan, juga telah memberikan berbagai kontribusi kepada masyarakat. Seperti, memberikan dana motivasi kepada saba dan kerta desa yang rutin dilakukan setiap tahun, serta berbagai kontribusi lainnya termasuk dana pembangunan yang rutin diserahkan kepada desa adat setiap tahunnya.

Disinggung soal perkembangan, hingga akhir 2019 aset yang dikelola LPD Desa Adat Belancan telah mencapai Rp20 miliar. Laba yang mampu diperoleh pada tahun 2019 mencapai Rp650 juta. Dengan demikian dana pembangunan yang mampu diberikan kepada desa adat mencapai Rp130 juta.

Sementara itu, Bendesa Adat Belancan, I Nyoman Sukanadiawan, mengaku sangat mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas kontribusi LPD Desa Adat Belancan kepada masyarakat. “Kedepanya kita berharap dapat lebih ditingkatkan lagi dan kita selaku Bendesa Adat akan tetap mendukung setiap program serta kebijakan demi kemajuan LPD. Kami juga harapkan kepada masyarakat tidak ragu lagi datang ke LPD, terlebih kedepannya LPD Desa Adat Belancan akan segera merealisasikan layanan berbasis TI,” ujarnya.  *wid

BAGIKAN