Sinergi dengan Pemuda Nusa Dua Bersatu, Wabup Suiasa Tanam Cemara Udang dan Bersihkan Pantai

Kebersihan dan kelestarian pantai yang menjadi objek wisata di Kabupaten Badung terus mendapatkan sentuhan dan perhatian dari Pemkab Badung dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Wabup Suiasa bersinergi dengan Pemuda Nusa Dua Bersatu melaksanakan kegiatan penanaman pohon cemara udang dan aksi bersih-bersih di sepanjang Pantai Segara Samuh, Nusa Dua, Minggu (23/8).

Mangupura (bisnisbali.com) – Kebersihan dan kelestarian pantai yang menjadi objek wisata di Kabupaten Badung terus mendapatkan sentuhan dan perhatian dari Pemkab Badung dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Seperti yang terlihat pada Minggu (23/8) kemarin, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersinergi dengan Pemuda Nusa Dua Bersatu melaksanakan kegiatan penanaman pohon cemara udang dan aksi bersih-bersih (clean up) di sepanjang Pantai Segara Samuh, Nusa Dua.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Suiasa didampingi anggota DPRD Provinsi Bali, I Ketut Tama Tenaya, anggota DPRD Kabupaten Badung I Made Retha, Nyoman Karyana, Wayan Luwir Wiana, dan Kepala DLHK Badung Wayan Puja. Wabup Suiasa turut serta bergotong royong menanam pohon cemara udang dan membersihkan sampah yang ada di sepanjang Pantai Segara Samuh. Sampah yang terdiri dari organik seperti deadunan, ranting maupun batang kayu serta sampah anorganik dikumpulkan lalu kemudian diangkut ke TPA.

Wabup Suiasa menyampaikan, kegiatan menanam pohon dan bersih-bersih pantai tersebut merupakan salah satu program dan komitmen Pemkab dalam upaya menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem laut serta mencegah abrasi pantai.

“Meskipun ini merupakan kegiatan sederhana, namun sangat bermanfaat untuk kita semua dalam rangka menjaga keindahan dan keasrian pantai, apalagi saat ini kita memasuki new normal (tatanan kehidupan baru), dimana segala sektor sudah mulai bangkit dan berbenah. Dan untuk sektor pariwisata di Kabupaten Badung, penataan kembali destinasi-destinasi wisata itu sangat penting dilaksanakan, salah satunya di Pantai Segara Samuh ini,” ucapnya.

Selain itu, gotong royong ini juga bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, karena jika hal tersebut tidak dilaksanakan akan berdampak buruk bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat serta para pemuda yang sudah bersama-bersama ikut dalam aksi penanaman pohon dan clean up di pantai ini, serta sudah proaktif membantu pemerintah mengedukasi masyarakt secara luas tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya di pantai agar ekosistem laut dapat terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Acara turut dihadiri oleh Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, tokoh masyarakat Nusa Dua Made Sudarsana alias Dator, organisasi Pemuda Nusa Dua Bersatu, Sabha Yowana Sandya Phala, dan Karang Taruna Desa Adat Bualu. *adv

BAGIKAN