Simulasi Pembukaan Pariwisata Diharapkan Mampu Promosikan Bali

Simulasi dan program pendukung sebelum penerbangan internasional Bandara Ngurah Rai dibuka dinilai penting dilakukan.

WISATAWAN – Wisman melintas di wilayah Canggu, Senin (22/3) lalu. Simulasi pembukaan pariwisata untuk wisman diharapkan menjadi ajang promosi kesiapan Bali menerima wisman.

Denpasar (bisnisbali.com) – Simulasi dan program pendukung sebelum penerbangan internasional Bandara Ngurah Rai dibuka dinilai penting dilakukan. Selain mempersiapkan secara matang pembukaan pariwisata bagi wisatawan mancanegara (wisman), hal ini juga bisa menjadi ajang promosi bagi Bali.

Ketua Bali MICE Forum (BMF) Putu Gede Wiwin Gunawasika, di Denpasar, Selasa (23/3), menyampaikan, pihaknya mendukung rencana simulasi tersebut. Ia pun menyarankan, jika dalam prosesnya nanti, simulasi juga bisa dipakai sarana promosi kesiapan Bali menerima kembali kunjungan wisman.

Berbicara sejumlah program dan simulasi, Wiwin yang juga Wakil Ketua Kadin Bali bidang MICE dan Special Event ini meminta Kemenparekraf, seluruh kementerian/lembaga dan BUMN serta Pemprov Bali memberikan kesempatan bagi PCO/EO Bali untuk terlibat dalam program-program percepatan pemulihan pariwisata. “PCO/EO Bali khusus dalam situasi yang sangat tidak biasa ini seyogyanya diberikan kesempatan untuk menjadi pemain di daerahnya sendiri saat border wisatawan ke Bali dibuka,” ujarnya.

Executive board BMF juga telah turut menggodok proposal usulan work from Bali yang ditujukan ke Kementerian dan BUMN di bawah koordinasi Menko Marinvest via Disparda Bali. “Kami sangat gembira mendengar kabar bahwa program ini telah mendapat sambutan positif dari Kemenko Marinvest. Harapan kami, nantinya PCO/EO Bali khususnya anggota BMF tidak hanya menjadi penonton saja tapi terlibat dalam eksekusi secara merata,” imbuhnya.

Apalagi saat situasi pandemi ini program-program tersebut sangat dibutuhkan oleh pelaku industri MICE dan spesial even di Bali untuk bertahan serta menumbuhkan semangat positif. Ia pun menekankan, sebagai salah satu komponen pariwisata dari sisi MICE dan spesial event, pihaknya siap untuk turut membantu pemerintah dalam segala hal jika diperlukan demi bangkitnya pariwisata Bali. *dik

BAGIKAN