Sidak Prokes Jaring Puluhan Pelanggar 

Sidak penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 melibatkan tim gabungan dari unsur Satpol PP, TNI dan Polri kembali dilakukan di Kabupaten Tabanan, Senin (19/10).

Tabanan (bisnisbali.com) –Sidak penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 melibatkan tim gabungan dari unsur Satpol PP, TNI dan Polri kembali dilakukan di Kabupaten Tabanan, Senin (19/10). Kali ini, sidak dilakukan di wilayah Kecamatan Selemadeg Barat (Selbar) dan Kecamatan Pupuan yang hasilnya tercatat puluhan pelanggar berhasil terjaring.

Kasatpol PP Tabanan, I Wayan Sarba, di sela-sela kegiatan mengungkapkan, sidak merupakan implementasi dari Perbup 44 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam tatanan kehidupan era baru. Dalam sidak tersebut, empat orang warga kedapatan tidak menggunakan masker yang langsung didenda Rp 100 ribu dan diberikan masker gratis. Selain itu, terjaring 10 orang diberikan hukuman fisik seperti push up dan 3 orang lainnya membuat surat pernyataan.

“Kegiatan operasi ini digelar untuk meningkatkan disiplin masyarakat melaksanakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Jelas Sarba, rata-rata para pelanggar yang kedapatan tidak menggunakan masker ini mengaku lupa. Selain itu menurutnya, sejak diterapkan sanksi denda Rp 100 ribu bagi warga yang tidak mengenakan masker, sudah berdampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker. Hanya saja, masyarakat saat ini masih kerap salah dalam hal cara penggunaan masker.

“Meski kesadaran masyarakat ini sudah meningkat, namun ada saja yang masih salah dalam penggunaan masker. Contohnya, ada warga menggunakan masker namun tidak menutupi hidung dan mulut,” tandasnya.

Bercermin dari itu pula, maka mereka (warga) yang tidak menggunakan masker dengan baik biasanya diberi hukuman fisik seperti push up dan menyapu di lokasi operasi. Selain itu, pelanggar diedukasi untuk cara penggunaan masker dengan baik dan yang benar. *man

BAGIKAN