Serangkaian HUT Ke-232 Kota Denpasar, Diskop Gelar Pameran UMKM  

Serangkaian HUT ke-232 Kota Denpasar, Dinas Koperasi (Diskop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggelar pameran UMKM bertempat di Parkir Utara Taman Kota, Lumintang Denpasar.

POTONG PITA - Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny.Selly Dharmawijaya Mantra didampingi Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara,  Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Made Erwin Suryadarma Sena saat membuka pameran UMKM yang ditandai dengan pemotongan pita.

Denpasar (bisnisbali.com) –Serangkaian HUT ke-232 Kota Denpasar, Dinas Koperasi (Diskop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggelar pameran UMKM bertempat di Parkir Utara Taman Kota, Lumintang Denpasar. Kegiatan berlangsung dari Jumat (27/2) kemarin dan akan berakhir hingga Senin (2/3) nanti.

Hadir sekaligus membuka pameran tersebut Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra didampingi Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena. Saat ditemui usai pembukaan Ny. Selly mengatakan, pameran produk UMKM merupakan salah satu langkah Kota Denpasar dalam mempromosikan produk UMKM. “Tidak hanya dalam HUT kota seperti yang berlangsung saat ini, dalam event lainnya kami juga selalu libatkan UMKM dalam upaya membantu pemasaran produk yang dimiliki,” ungkapnya.

Dengan berbagai promosi yang dilibatkan, selaku Ketua Dekranasda, Ny.Selly Mantra juga mengajak pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produksi. Agar gencarnya promosi diikuti pula dengan kualitas dari produk yang dipasarkan. Selain membantu dalam hal promosi, pihaknya juga mengaku selalu melakukan pendampingankepada UMKM, turun ke lapangan hingga melakukan evaluasi serta solusi atas kendala yang dihadapi pelaku UMKM.

Sementara itu, Kepala Bidang UMKM Diskop dan UMKM Kota Denpasar, Ngakan Putu Wiadnyana mengatakan, pameran seperti ini rutin digelar setiap tahun dalam perayaan HUT Kota Denpasar. Adapun dijelaskannya, penyelenggaraan pameran ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pelaku usaha terlebih usaha pemula untuk memperkenalkan produk yang dimiliki kepada masyarakat. “Terkadang masyarakat tidak mengetahui jika produk yang diinginkan atau dibutuhkan ada di Denpasar, dikira hanya dari luar saja. Untuk itu keberadaan pelaku UMKM dalam pameran ini adalah menginformasikan produk yang dimiliki kepada masyarakat,” ungkapnya sembari mengatakan ada 70 peserta UMKM yang terlibat.

Tidak hanya dalam pameran ini, untuk membantu dalam promosi produk, pihaknya mengaku juga menggandeng UMKM dalam event lainnya baik dalam daerah ataupun luar daerah. Dikatakannya, berdasarkan data yang dimiliki di Kota Denpasar memiliki 32.026 pelaku UMKM yang terdata. Untuk itu pihaknya menggandeng UMKM secara bergilir dalam berbagai event.

Kadiskop dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena menambahkan, pengembangan dan kemajuan UMKM menjadi hal yang sangat penting untuk pembanguan suatu daerah termasuk Kota Denpasar. Untuk itu pihaknya berkewajiban untuk mendorong pengembangan dan pertumbuhan UMKM. Tidak hanya promosi, Erwin mengatakan Diskop dan UMKM juga membantu dan mendampingi UMKM dalam akses permodalan, pembinaan SDM hingga mendampingi dalam pemanfaatan teknologi informasi (TI). *adv

BAGIKAN