Semangat Kemerdekaan, IHGMA Bali Makin Berkontribusi untuk Sektor Pariwisata

 


Dewan Pengurus Daerah Indonesian Hotel General Manager Association (DPD IHGMA) Bali kembali menggelar kegiatan rutin tahunan peringatan hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun 2020. Sekitar 21 anggota IHGMA Bali yang hadir dalam agenda yang dikemas dalam Diskusi Merah Putih dengan tema “Peran Kepemimpinan di Industri Perhotelan dalam Mendukung SDM Unggul Indonesia Maju”. Acara diselenggarakan di H Sovereign Bali Tuban bertepatan dengan HUT RI, 17 Agustus 2020.

Menurut organizing committee, Ketut Swabawa, CHA, acara yang diselenggarakan keempat kalinya sejak IHGMA berdiri ini dilaksanakan dengan sederhana tanpa mengurangi makna nasionalisme. “Sebelumnya IHGMA Bali telah membuat konsep seminar Green Tourism pada 2017, lalu sosialisasi Sustainable Tourism pada 2018 dan pada 2019 lalu dengan tema Peran IHGMA Bali sebagai stakeholder pariwisata mendukung pariwisata berkualitas. Tahun ini di tengah situasi keprihatinan akibat pandemi COVID-19 kita laksanakan dengan acara sederhana berupa diskusi tentang peranan kepemimpinan dalam mendukung SDM Unggul Indonesia Maju” demikian disampaikan dalam pembukaannya.
Ketua DPD IHGMA Bali, Nyoman Astama menyampaikan makna kemerdekaan yang dikaitkan dengan konsep kepemimpinan sesuai akronim dari Leader itu sendiri. Pemimpin harus memiliki misi Leveraging (meningkatkan), Empathy (peka dan peduli terhadap situasi), Adapatable (menyesuaikan diri), Decisive (mampu merumuskan), Enthusiasm (antusias), Responsible (tanggung jawab).
Konsep ini akan memudahkan untuk mewujudkan SDM yang unggul dan kompeten sehingga seluruh tim bergerak sejalan dengan misi perusahaan mencapai tujuan.” Selain itu secara eksternal, kepemimpinan di bidang pariwisata harus diterapkan dalam bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan destinasi sehingga bisa sustainable,” kata Nyoman Astama.
Wakil Ketua Umum DPP IHGMA, Made Ramia Adnyana mengatakan asosiasi IHGMA diharapkan dapat bermanfaat bagi anggota dan industri, menjembatani kepentingan bersama untuk hasil yang dinikmati bersama pula. DPD IHGMA Bali sangat konsisten dalam memposisikan asosiasi tentang peran dan kontribusinya. Dengan semangat hari kemerdekaan ini kita berharap para pemimpin usaha perhotelan dapat menyerap nilai-nilai perjuangan dan nasionalisme terutama di masa pandemi ini untuk berjuang memproteksi perusahaan, karyawan serta pemilik usaha agar dapat bangkit kembali.” Ini kan outputnya akan dinikmati masyarakat luas termasuk di luar pariwisata, karena industri ini yang akan menggerakan sektor lainnya,” kata Ramia Adnyana.
Pada kesempatan tersebut juga diadakan acara penyerahan Surat Ketetapan (SK) pembentukan panitia pelaksana Musyawarah Daerah Pertama DPD IHGMA Bali / 2020. Eka Pertama sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa pemilihan ketua akan dilakukan secara online voting. “Kami akan seleksi kandidat hingga tiga besar pada akhirnya untuk bertarung dalam pemilihan ketua. Misi kami adalah bagaimana mensukseskan Musda pertama ini agar dapat melahirkan ketua terpilih yang mampu memimpin asosiasi ini kedepannya dengan baik sesuai AD/ART IHGMA” kata Eka Pertama. *Kup

BAGIKAN