Selama Pandemi, Perajin Keris di Tabanan Keluhkan Penurunan Omzet

Pandemi Covid-19 membuat sejumlah pelaku usaha kerajinan di Tabanan terdampak. Tak terkecuali perajin keris yang mengeluhkan turunnya penjualan sekaligus omzet hingga 50 persen  saat ini.

Tabanan (bisnisbali.com) –Pandemi Covid-19 membuat sejumlah pelaku usaha kerajinan di Tabanan terdampak. Tak terkecuali perajin keris yang mengeluhkan turunnya penjualan sekaligus omzet hingga 50 persen  saat ini. “Pandemi ini membuat omzet menurun hingga 50 persen. Kondisi ini khususnya terasa pada beberapa bulan terakhir ini,” tutur salah satu perajin keris  Pande Margi, di Banjar Sangihan, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan Rabu (2/9).

Terangnya, memang di dunia bisnis yang namanya pasang surut usaha biasa terjadi, namun saat pandemi Covid-19 ini penurunan penjualan yang terjadi sangat drastis. Akuinya, di awal pandemi Covid-19, pesanan keris dari konsumen mamang masih ada atau belum terjadi penurunan, baru setelah dua bulan terakhir mulai terjadi penurunan untuk pesanan konsumen maupun penjualan hingga saat ini.

Akuinya, di Agustus ini saja baru akan laku dua buah keris, kondisi itu jauh menurun dari rata-rata menerima pesanan pembuatan keris dengan berbagai luk dan motif hingga 5 buah sebulan sebelum pandemi Covid-19. Biasanya, konsumen merupakan penghobi seni, selain itu ada juga konsumen yang mencari keris untuk keperluan tertentu.

Sambungnya, selain berdampak pada penurunan penjualan, pandemi Covid-19 ini juga membuat sejumlah kegiatan atau ajang pameran yang biasanya diikuti jadi terhenti. Sebab, sejumlah event yang biasanya digelar oleh pemerintah tidak bisa dilaksanakan karena Covid-19. Padahal mengikuti festival atau event tersebut tidak sebatas untuk berjualan saja, namun lebih untuk menunjukkan eksistensi perajin keris Bali. “Kalau ikut pameran kita bisa promosi dan lebih mengenalkan produk kita ke masyarakat luas,” tandasnya.

Sementara itu, tambahnya meski penjualan di tengah pandemi Covid-19 menurun, pihaknya tetap melakukan produksi termasuk juga untuk jenis pisau, dan blakas. Selain itu, hingga saat ini untuk bahan baku masih terpenuhi atau tidak ada kendala. *man

BAGIKAN