Selain ”Drive Thru”, Penukaran Uang Rp75 Ribu bisa di Bank

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali menegaskan mulai 18 Agustus 2020 masyarakat umum di Bali bisa melakukan penukaran uang rupiah spesial Kemerdekaan 75 Tahun RI bernilai Rp75 ribu

Denpasar (bisnisbali.com) –Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali menegaskan mulai 18 Agustus 2020 masyarakat umum di Bali bisa melakukan penukaran uang rupiah spesial Kemerdekaan 75 Tahun RI bernilai Rp75 ribu. Periode pemesanan dan penukaran terbagi atas dua tahap yaitu bisa di kantor BI Bali maupun lewat bank umum.

Kepala Perwakilan BI Bali, Trisno Nugroho di Renon (18/8)  mengatakan kurang lebih ada 150 bilyet setiap harinya akan disiapkan . Jumlah tersebut akan terus dipantau agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Syarat memperoleh dan menukarkan uang Rp75 ribu yaitu Warga Negara Indonesia dan memiliki Kartu Tanda Penduduk,” katanya.
Adapun periode pemesanan penukaran dan lokasi penukaran terdiri dari 2 tahap, yaitu pada 18 Agustus sampai dengan 30 September 2020 bertempat tempat di Kantor Perwakilan BI Bali. Selanjutnya 1 Oktober 2020 sampai selesai, bertempat di Kantor Perwakilan BI Bali dan bank umum yang ditunjuk untuk melakukan kerja sama penukaran (Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga). Kurang lebih ada 1 juta bilyet akan didroop ke bank Himbara tersebut.
“Untuk tetap memitigasi risiko penyebaran Covid-19, maka penukaran Uang Rupiah Kemerdekaan 75 Tahun RI di BI Bali dilaksanakan dengan mekanisme pelayanan drive thru,” ujarnya.

Penggunaan drive thru, kata Trisno supaya cepat dan menghindari antrian. Kendati demikian bank sentral tetap menekankan agar masyarakat sebelumnya ke aplikasi pintar dulu. Masyarakat wajib melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi Pintar di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. Membawa KTP asli, bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital, melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan dan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak selama melakukan penukaran.
“Sementara ini untuk WNI yang bisa memiliki uang spesial Rp75 ribu ini. Kami ingin masyarakat Bali yang dapat, sementara orang Indonesia di luar negeri bisa memesan dengan tinggal ikuti syaratnya,” paparnya.

Dijelaskan uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI telah didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia sebelum hari penerbitan dilaksanakan. Khusus di wilayah Bali, BI telah menerima persediaan uang dimaksud pada Juni 2020 untuk memenuhi permintaan masyarakat di wilayah Bali.
Setelah Uang Rupiah Kemerdekaan 75 Tahun RI secara resmi diedarkan, Kepala KPw BI Bali menerima amanat dari Gubernur Bank Indonesia untuk menyerahkan Token of Apretiation (ToA) Uang Rupiah Kemerdekaan 75 Tahun RI kepada Gubernur Provinsi Bali yang yang menjadi orang pertama yang memiliki Uang Rupiah Kemerdekaan 75 Tahun RI di wilayah Provinsi Bali. Prosesi penyerahan ToA dimaksud dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2020 bertempat di Gedung Gajah-Jayasaba. *dik

BAGIKAN