Sektor Perbankan Berharap, Pemerintah Mampu Tangani Virus Corona

Terjangkit kasus corona di Indonesia dipastikan akan berdampak pada sektor pariwisata dan ikutannya.

Mangupura (bisnisbali.com) –Terjangkit kasus corona di Indonesia dipastikan akan berdampak pada sektor pariwisata dan ikutannya. Ketua Yayasan Perbarindo Bali, Ketut Wardana mengatakan pemerintah diharapkan bisa menangani virus corona di Indonesia secara cepat sehingga tidak berdampak signifikan pada ekonomi Bali termasuk sektor perbankan.

Adanya kasus positif corona di Indonesia akan berdampak ketakutam wisatawan berkunjung ke Indonesia. Ini secara tidak langsung wisatawan akan takut berkunjung ke Bali. Ekonomi Bali sebagian besar ditopang pariwisata. ” Ketika pariwisata Bali menurun praktis akan berdampak pada penurunan pada bisnis ikutannya,” ucapnya.

Menurut Wardana, ketika pariwisata menurun maka sektor UMKM akan menurun. Ini akan berdampak pada upaya perbankan khususnya bank perkreditan rakyat (BPR) dalam melaksanakan fungsi intermediasi.

Pendapatan UMKM menurun maka dana pihak ketiga (DPK) yang digaet BPR menurun. Ketika aktivitas ekonomi menurun juga akan berdampak penurunan serapan kredit di BPR.

Ketut Wardana menambahkan pemerintah diharapkan cepat menangani virus corona sehingga kondisi pariwisata dan ekonomi segera pulih. BPR siap menggeliatkan ekonomi Bali melalui kredit yang disalurkan ke sektor UMKM. *kup

BAGIKAN