Sejumlah Pohon Tumbang Rugikan Warga, Sekda Karangasem  Perintahkan Instansi Terkait Cepat Tanggap

ANGIN kencang dan curah hujan sangat deras  di Kabupaten Karangasem  beberapa hari lalu  menyebabkan pohon tumbang yang menimpa rumah beberapa warga.

SERAHKAN BANTUAN - Sekda Karangasem Ketut Sedana Merta menyerahkan bantuan kepada korban yang rumahnya tertimpa pohon tumbang.

ANGIN kencang dan curah hujan sangat deras  di Kabupaten Karangasem  beberapa hari lalu  menyebabkan pohon tumbang yang menimpa rumah beberapa warga. Saat menyerahkan bantuan kepada korban yang rumahnya rusak tertimpa pohon tumbang itu, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta minta petugas dari instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem cepat tanggap membantu warga yang terkena musibah.

Dari beberapa korban yang rumahnya rusak, salah satunya  rumah tinggal Jero Mangku Gede Yasa yang terletak di Banjar Labuan,  Desa Antiga, Kecamatan Manggis. Mangku Yasa menjadi salah satu korban keganasan angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang dan mengenai rumah tempat tinggalnya.

Pohon tumbang yang menimpa rumah korban Jero Mangku Gede Yasa  terjadi pada Sabtu (24/10) sore. Pohon kelapa tumbang diperkirakan karena akarnya sudah lapuk. Pada kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun mengakibatkan kerusakan pada bagian atap rumah,  sebagian genteng, tandon air (tower) dan kamar mandi. Korban diperkirakan menderita kerugian sekitar Rp 10 juta.

Selain di Desa Antiga, pohon tumbang juga mengakibatkan rusaknya rumah warga di Banjar Kreteg, Desa Sibetan, milik Nyoman Sujana. Pohon tumbang terjadi pada Rabu (28/10) malam.

Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta yang didampingi Kabag Humas dan Protokol  Edy Setiadi Dwijantoro, beberapa staf BPBD, Dinsos dan PMI Kabupaten Karangasem, mendatangi korban pohon tumbang itu sekaligus memberikan bantuan berupa sembako kepada korban bencana pada  Sabtu (31/10).

Sedana Merta mengimbau kepada warga sekitar agar tetap waspada  karena akhir-akhir ini curah hujan dan angin kencang di Kabupaten Karangasem masih menunjukkan potensi yang kuat. “Rumah yang berdekatan dengan pohon besar harus tetap waspada, karena kapan pun angin bisa berhembus kencang dan dapat menumbangkan pohon pohon di sekitar,” katanya.

Sekda Karangasem itu  memerintahkan BPBD dan instansi terkait supaya cepat tanggap dalam menangani bencana. Selain itu, memerintahkan tim terkait kebencanaan itu mengevakuasi warga pada  setiap kejadian bencana alam yang berpotensi membahayakan keselamatan warga di sekitar lokasi. *adv

BAGIKAN