Sejumlah DTW  Kantongi Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf

Sejumlah Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Tabanan telah mengantongi sertifikasi Clean, Health, Safety dan Environment (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

BERATAN – DTW Ulun Danu Beratan sudah mengantongi CHSE dari Kemenparekraf.

Tabanan (bisnisbali.com) –Sejumlah Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Tabanan telah mengantongi sertifikasi Clean, Health, Safety dan Environment (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program sertifikasi ini dilakukan sebagai upaya meyakinkan masyarakat untuk bisa berwisata atau melakukan aktivitas rekreasi dengan aman di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Tabanan I Gede Sukanada, Senin (1/3) kemarin, mengungkapkan  sejak awal masa pandemi Covid-19 sebenarnya Dispar Kabupaten Tabanan sudah mengeluarkan sertifikasi serupa kepada para penyedia atau pelaku akomodasi pariwisata. Tetapi seiring waktu, pemerintah pusat (Kemenparekraf) juga mengeluarkan kebijakan sertifikasi CHSE yang mana setiap akomodasi pariwisata diwajibkan mengantongi dengan cara melakukan pendaftaran secara mandiri. Bercermin dari kondisi tersebut, akomodasi pariwisata di Tabanan sudah siap, namun untuk mengantongi sertifikasi CHSE dari pusat ini beberapa pelaku akomodasi pariwisata bermasalah. Salah satunya karena salah dalam memasukkan akun.

“Saat ini kami juga masih mengkomunikasikan dengan yang membidangi terkait kendala tersebut  sekaligus untuk terus mendata akomodasi pariwisata di Tabanan terkait yang sudah mengantongi sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf,” tuturnya.

Mantan Camat Kerambitan ini menjelaskan, Dispar Tabanan mencatat DTW di Tabanan yang sudah mengantongi CHSE dari Kemenparekraf adalah DTW Ulun Danu Beratan dan DTW Tanah Lot. DTW lainnya masih akan terus didata setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi di lapangan.

Sementara itu terkait vaksinasi Covid-19 kalangan pelaku pariwisata di Kabupaten Tabanan, pihaknya sudah menyikapi informasi dari Provinsi Bali dengan meneruskan informasi melalui pendaftaran secara mandiri melalui link yang diberikan provinsi kepada para pelaku akomodasi pariwisata. Upaya tersebut merupakan salah satu cara dalam menjamin kenyamanan wisatawan ketika datang berwisata ke akomodasi yang ada di Kabupaten Tabanan. *man

BAGIKAN