Sejahterakan Krama, Industri di Desa Adat akan Dibangkitkan

Kantong-kantong perekonomian desa adat dipastikan akan dibangkitkan.

Tabanan (bisnisbali.com) -Kantong-kantong perekonomian desa adat dipastikan akan dibangkitkan. Ini dilakukan untuk mensejahrerakan krama desa adat di Bali.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Bali Wayan .Jarta menyatakan hal itu saat menjadi narasumber dalam sosialisasi Nangun Sat Kerti Loka Bali di Desa Penarukan, Kerambilan Tabanan, Selasa (28/1).
Selain membangkitkan  sentra-sentra industri, katanya, Pemprov Bali juga akan memberikan pendampingan dan pemasaran “Tak hanya membentuk, juga akan diberikan pendampingan dan membuka akses pemasaran,” katanya.

Dengan adanya pendampingan, katanya, produk yang dihasilkan akan berkualitas. Namun setelah diproduksi, Kadis minta krama juga memanfaatkan produk-produk yang dihasilkan sentra-sentra industri di Bali.

Dicontohkan, industri sandang sangat berpeluang dengan adanya pergub penggunaan busana dan bahasa Bali. Peluang ini harus dimanfaatkan sehingga mamou mengangkat kesejahteraan masyarakat. Semua produk UMKM nantinya akan diarahkan menggunakan branding Bali sehingga cepat populer.

Selain Kadis Perindustrian dan Perdagangan, acara sosialisasi juga menghadirkan Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Bali Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Saputra.  Acara ini dihadiri bendesa adat se-Kecamatan Kerambitan Tabanan dan ratusan undangan lainnya. *sar

BAGIKAN