Satgas PPKM Sosialisasikan Prokes di Pasar

Menyikapi bertambahnya kasus klaster keluarga seperti di Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, Pemkab Gianyar mengoptimalkan langkah preventif dalam penanganan Covid-19.

SOSIALISASI - Tim Satgas PPKM Kabupaten Gianyar melaksanakan sosialisasi prokes di Pasar Yadnya, Blahbatuh.

Gianyar (bisnisbali.com) –Menyikapi bertambahnya kasus klaster keluarga seperti di Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, Pemkab Gianyar mengoptimalkan langkah preventif dalam penanganan Covid-19. Aparat BPBD dilibatkan oleh tim Satgas PPKM guna menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) yang digelar Minggu (17/1) kemarin.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar Ngakan Dharma Jati mengatakan, kegiatan pendisiplinan prokes berlangsung pukul 07.00 sampai pukul 08.15 Wita bertempat di Pasar Yadnya Blahbatuh, Jalan Wisma Gajahmada, Kecamatan Blahbatuh.

Dalam sosialisasi prokes di Blahbatuh, Satgas PPKM Kabupaten Gianyar menyertakan unsur TNI sebanyak tiga orang, Polri empat orang, Polisi PP lima orang, BPBD 10 orang dan pecalang kecamatan satu orang. Sosialisasi dipimpin Kapten Inf . Cokorda Agung Sumadi, Danramil 1616-04/Blahbatuh.

Ngakan Dharma Jati menyampaikan, aparat BPBD yang ikut dalam pelaksanaan kegiatan Satgas PPKM di Pasar Yadnya lebih banyak menyampaikan imbauan tentang protokol kesehatan. Masyarakat,  pengunjung pasar senggol dan pedagang diminta selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Satgas PPKM Kabupaten Gianyar juga menegur langsung apabila ada warga yang tidak menggunakan masker ataupun memakai masker namun tidak sesuai ketentuan. Masyarakat pengunjung pasar juga diimbau agar tidak berkerumun.

Beberapa pelanggaran ditemukan dalam operasi tersebut. Lima warga tidak paham cara memakai masker yang benar serta membawa masker namun tidak dipakai. Warga yang melanggar didata identitasnya serta diberikan teguran dan imbauan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam setiap beraktivitas terutama saat berada di luar rumah. “Kegiatan sosialisasi prokes di Pasar Yadnya Blahbatuh berjalan tertib, aman dan lancar,” tambah Ngakan Dharma Jati. *kup

BAGIKAN