Rumah Ditimpa Pohon, Warga Alami Kerugian Rp 10 Juta 

Cuaca ekstrem yang terjadi pada Rabu (3/2) malam menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa kawasan di Kabupaten Gianyar.

POHON TUMBANG - Tim dari BPBD Gianyar menangani kejadian pohon tumbang di Banjar Petak, Desa Petak Kaja, Kecamatan Gianyar.

Gianyar (bisnisbali.com) –Cuaca ekstrem yang terjadi pada Rabu (3/2) malam menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa kawasan di Kabupaten Gianyar. Tim dari BPBD Gianyar bersama masyarakat setempat berjibaku membantu mempercepat penanganan bencana tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar IGN Dibya Presasta seizin Kepala BPBD Gianyar, Kamis (4/2) kemarin, mengatakan pohon jabon tumbang pukul 18.59 Wita menimpa tembok, genteng rumah, tugun karang milik I Ketut Supa. Musibah ini terjadi di Banjar Petak, Desa Petak Kaja, Kecamatan Gianyar.  Akibat kejadian tersebut, pemilik rumah mengalami kerugian kurang lebih Rp 10 juta. Tim dari BPBD Gianyar dibantu warga setempat sudah mampu menangani pukul 20.45.

Kejadian pohon tumbang juga terjadi di Banjar Susut, Desa Buahan, Kecamatan Payangan. Dahan pohon sepanjang kurang lebih 5 meter dan diameter kurang lebih 30 centimeter yang tumbang pukul 19.20 menutupi akses lalu lintas menuju Banjar Buahan.

Anggota TRC BPBD Kabupaten Gianyar beserta armada dan perlengkapan melakukan penanganan. Ranting pohon yang menutupi akses jalan sudah dapat dibersihkan sehingga arus lalu lintas normal kembali pukul 20.50. ‘’Sementara penanganan dahan pohon yang  masih nyangkut di atas kabel dilanjutkan Kamis  pagi,’’ ucapnya.

Sebelumnya sekitar pukul 16.20 terjadi tanah longsor di Banjar Lebah, Desa Bukian, Payangan. Material longsor setebal kurang lebih 1 meter dan panjang kurang lebih 20 meter menutupi akses jalan menuju rumah warga.

Anggota TRC BPBD Kabupaten Gianyar dibantu warga setempat sudah dapat membersihkan material longsor 70 persen pukul 22.00. Akses jalan yang ditutupi material longsor sudah mampu dilewati.  “Situasi di lokasi gelap  disertai tanah labil dan hujan deras. Penanganan selanjutnya dilaksanakan Kamis pagi,’’ jelas Dibya Presasta. *kup

BAGIKAN