Rudy Siregar, Akses Ekspor Diperlancar

DALAM masa new normal Covid-19, produk usaha kecil dan menengah di Bali dioptimalkan untuk mengisi pasar ekspor.

DALAM masa new normal Covid-19, produk usaha kecil dan menengah di Bali dioptimalkan untuk mengisi pasar ekspor. Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bali, Rudy Siregar mengatakan Aptrindo berupaya membantu ALFI Bali menjembatani layanan pengiriman produk UKM ke pasar ekspor.

Diungkapkannya, Aptrindo bisa membantu layanan pengiriman produk UKM Bali secara efisien. Untuk itu, pemerintah diharapkan bisa memberikan kemudahan pengiriman produk ekspor UKM Bali baik melalui jalur darat maupun jalur laut menuju Surabaya.

Ia menjelaskan pengiriman melalui jalur darat maupun jalur laut  tetap mempertimbangkan efisiensi. Produk ekspor UKM diharapkan bisa dikirim tepat waktu sampai di daerah tujuan.

Rudy menyampaikan pelaku usaha di bawah Aptrindo berharap bisa berkontribusi positif bagi UKM di Bali. Selain itu pengusaha truk ini juga bisa membantu eksportir guna memajukan ekspor Bali.

Rudy Siregar yang juga Wakil Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Logistik & Forwonder Indonesia ALFI-ILFA Bali,mengatakan ALFI terus mendorong Pelabuhan Benoa menjadi pelabuhan memberi harapan besar penopang pengembangan industri kreatif di Bali. Selain menentukan persaingan nilai jual produk industri lokal penopang sektor pariwisata, ketersedian pelabuhan ekspor-impor akan mempercepat pengiriman produk ekspor ke negara pasar.

Menurutnya, Bali sebagai tujuan wisata dunia memiliki potensi produk kerajinan dan perikanan. Produksi industri di Bali cukup besar untuk penopang sektor pariwisata.

Sektor pariwisata Bali bahkan dijadikan tempat pemasaran produk kerajinan dari provinsi lain di Indonesia.  “Bali mampu menjadi etalase berbagai produk Indonesia untuk diekspor,” ucapnya.

Pimpinan PT Sejati Intertrans Logistic ini memaparkan untuk meningkatkan daya saing produk tersebut, harus diikuti dengan biaya logistik yang ekonomis dan efisien. Ini dengan harapan  biaya ekspor dan impor dari dan ke luar negeri yang dapat ditekan.

Rudy Siregar menambahkan  Aptrindo dan ALFI bersinergi dengan harapan  biaya ekspor dan impor dari dan ke luar negeri yang dapat ditekan. Ini akan mampu mendorong persaingan produk industri dari Bali  dengan produk industri negara lain. *kup

BAGIKAN