Resmikan Blok A Pasar Seni Semarapura, Bupati Suwirta Harap Lestarikan Produk Lokal  

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan Blok A Pasar Seni Semarapura, Sabtu (21/12).

PASAR - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (tengah) meresmikan Blok A Pasar Seni Semarapura.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan Blok A Pasar Seni Semarapura, Sabtu (21/12). Dalam peresmian tersebut juga dimeriahkan acara fashion show yang dibuka Ketua Deskranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Sri Kasta, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung AA Gede Anom, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan jajaran OPD terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan pembangunan Blok A Pasar Seni Semarapura ini merupakan bagian dari mimpi dan cita-citanya selama menjabat menjadi kepala daerah. Sebelumnya ia bersama OPD pernah melakukan studi banding ke Jawa Timur, Jawa Tengah maupun kabupaten/kota yang lain terkait revitalisasi pasar. Pasar seni ini juga dilengkapi dengan pendingin ruangan/AC dan eskalator. “Setelah melakukan studi banding, saya langsung mengajak jajaran OPD untuk bersama-sama membangun pasar seni ini dan akhirnya sekarang mimpi itu menjadi kenyataan,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta mengatakan, Kabupaten Klungkung merupakan penghasil produk kain endek yang sudah terkenal dari dahulu kala. Maka dari itu setiap tiga bulan sekali akan diadakan acara fashion show di Blok A Pasar Seni Semarapura ini, sehingga tempat ini akan terus ramai untuk promosi produk-produk lokal berupa kain tenun khas Klungkung. “Mari kita bersama-sama rawat semua fasilitas yang ada dan selalu jaga kebersihan pasar seni ini dengan sebaik-baiknya, dan yang paling penting tetap semangat buat para penenun kain endek, rangrang maupun yang lainnya untuk menjaga kelestarian produk-produk lokal kita ke depan menjadi lebih maju dan dikenal,” katanya.

Sementara itu, Ketua Deskranasda Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster mengatakan, Pasar Seni Semarapura ini bisa menjadi ikon pasar seni di Bali khususnya di Kabupaten Klungkung. “Semoga pasar seni ini menjadi ikonnya Klungkung,” ujarnya

Selain itu, setelah berkeliling melihat satu per satu kios pedagang, Ny Putri Suastini Koster merasa sangat terkesan dengan kain-kain tenun, rangrang dan endek yang begitu bagus. Ia berharap produk-produk lokal ini harus dijaga dan dilestarikan agar bisa menarik pengunjung lokal maupun wisatawan luar negeri. “Melalui peresmian ini mari kita bersama-sama cintai dan tetap lestarikan produk kita sendiri,” katanya. *dar

BAGIKAN