Raih Sertifikat New Normal, DTW Wajib Lakukan Verifikasi

Sesuai Pergub pemerintah kabupaten/kota diwajibkan melakukan verifikasi daya tarik wisata (DTW) sesuai tatanan New Normal.

DTW - Kantongi sertifikat tatanan New Normal, DTW Bali Safari siap menerapkan protokol kesehatan.       

Gianyar (bisnisbali.com) –Sesuai Pergub pemerintah kabupaten/kota diwajibkan melakukan verifikasi daya tarik wisata (DTW) sesuai tatanan New Normal.  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A.A. Gde Putrawan, Minggu (12/7) mengatakan diterapkanya protokol kesehatan DTW akan mengantongi sertifikat protokol tatanan kehidupan era baru usaha pariwisata.

Diungkapkannya, untuk mendapatkan sertifikat tatanan New Normal DTW wajib melalui proses verifikasi. Kegiatan verifikasi dilakukan Tim Verifikasi Dinas Pariwisata bersama instansi terkait. “Proses verifikasi ini akan dijadikan dasar untuk mengeluarkan sertifikat tatanan New Normal,” ucapnya.

A.A. Putrawan menjelaskan proses verifikasi DTW antara lain didasarkan pada SE Gubernur Bali Nomor 3355 Tahun 2020 Tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru. Berdasarkan SE tersebut, destinasi wisata di Bali akan dibuka secara bertahap.

Dipaparkannya, mulai 9 Juli 2020 sebelumnya destinasi wisata di Bali mulai dibuka khusus untuk pengunjung lokal Bali. Kemudian di Agustus 2020, destinasi wisata Bali dibolehkan untuk menerima wisatawan domestik atau wisatawan Nusantara. “Barulah nanti di September 2020, destinasi wisata boleh dikunjungi oleh wisatawan mancanegara,” ucap A.A. Putrawan.

Menurutnya, dibukanya destinasi wisata tersebut wajib dibarengi dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti di Kabupaten Gianyar DTW yang di kelola pemerintah maupun di kelola swasta sebelum di buka wajib melalui proses verifikasi.

A.A. Gde Putrawan mencontohkan sebelum diizinkan untuk dibuka kembali, Bali Safari and Marine Park beberapa kali ditinjau oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar sebagai bagian proses verifikasi. Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Bali Safari dalam menerapkan protokol kesehatan New Normal. “Hasilnya, Bali Safari dinyatakan lolos verifikasi protokol kehidupan era baru sehingga aman untuk dikunjungi oleh wisatawan,” ucapnya.

General Manager Bali Safari and Marine Park, Thomas Colbert, menyampaikan Bali Safari ditunjuk sebagai objek wisata pertama di Bali yang dibuka dengan tatanan kehidupan era baru. Hal tersebut terbukti dengan diterimanya sertifikat new normal dari Pemkab Gianyar.

“Sertifikat ini membuktikan bahwa Bali Safari and Marine Park sudah benar-benar siap menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Thomas Colbert menambahkan setelah penyerahan sertifikat Normal Baru dari Pemkab Gianyar Selasa (7/7), pada Kamis (9/7) Gubernur Bali I Wayan Koster bersama dengan jajarannya hadir untuk meresmikan pembukaan Bali Safari.   *kup

BAGIKAN