Rai Mantra Ajak ASN Denpasar Produktif Pulihkan Ekonomi Masyarakat  

Kesehatan, kenyamanan, dan pemulihan ekonomi masyarakat menjadi target program pembangunan Pemkot Denpasar pada masa pandemi Covid-19.

Wali Kota Rai Mantra bersama Wakil Wali Kota I GN Jaya Negara dan Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara saat memimpin rapat koordinasi dan evalusi pembangunan Pemkot Denpasar, Rabu (5/8).

Denpasar (bisnisbali.com) –Kesehatan, kenyamanan, dan pemulihan ekonomi masyarakat menjadi target program pembangunan Pemkot Denpasar pada masa pandemi Covid-19. Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam arahannya kepada kepala OPD Denpasar pada rapat koordinasi dan evaluasi pembangunan, Rabu (5/8) menekankan agar terus produktif melaksanakan program mengarah pada peningkatan kesehatan, kenyamanan dan pemulihan perekonomian masyarakat.

Rapat yang digelar di Dharma Negara Alaya juga dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar, A.A Ngurah Rai Iswara, para Staf Ahli dan Kelompok Ahli Pembangunan Pemkot Denpasar dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Lebih lanjut  Rai Mantra mengatakan, saat ini situasi yang tidak normal oleh karena itu pimpinan OPD harus mampu berpikir dan bekerja secara extra ordinary. “Jangan bekerja biasa-biasa saja, tetapi harus luar biasa,” tegas Rai Mantra.

Ia  juga menekankan agar pimpinan OPD dan seluruh ASN Pemkot Denpasar terus berupaya melakukan pemulihan kesehatan masyarakat. Terlebih telah melaksanakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di masing-masing desa dan lingkungan banjar yang telah mampu menekan angka penyebaran namun harus tetap meningkatkan sosialisasi kedisiplinan bersama dalam penerapan protokol kesehatan. “Saat ini zona tingkat risiko penularan di setiap desa yang menunjukan warna orange, hingga hijau namun harus tetap waspada kemungkinan terjadinya lonjakan kasus, jika tingkat kedisiplinan masyarakat menurun dalam penerapan protokol kesehtan,” ujarnya.

Rai Mantra juga mengapresiasi langkah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar dan gugus tugas yang ada di kecamatan, Desa/Kelurahan dan desa adat serta banjar adat yang telah bekerja maksimal bersama dengan kedisiplinan masyarakat. Langkah ini juga harus terus ditingkatkan yang saat ini mengarah pada pemulihan perekonomian masyarakat. OPD terkait dapat terus mengambil langkah dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Dari kegiatan yang melibatkan coorporate social reaponsibility dalam bantuan menunjang kegiatan ekonomi kreatif di Kota Denpasar. Rai Mantra juga menyinggung tentang pelaksanaan Denpasar Festival tahun ini yang akan tetap berlangsung namun dalam pelaksanannya harus disesuaikan dengan protokol kesehatan. “Pelaksnaan Denfes akan tetap berlangsung serta sudah dilakukan pembahasan bersama untuk mengambil langkah dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif maupun ekonomi kerakyatan di Kota Denpasar,” ujar Rai Mantra.

Di samping itu dalam program kerja ke depan di masing-masing OPD yang ada untuk tetap fokus pada upaya peningkatan  kesehatan masyarakat yang mengacu pada zona tingkat risiko penularan. Beberapa program kegiatan fisik yang ada dan telah berjalan saat ini dapat tetap fokus serta melihat pada tingkat efektivitas program. “Produktivitas, kenyamanan, kesehatan masyarakat dan ekonomi kreatif harus terus berjalan di tengah wabah covid-19 saat ini, serta melakukan terobosan-terobosan program secara mendetail,” ujar Rai Mantra.

Sementara Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja melaporkan, terdapat beberapa program pembangunan fisik yang terlaksana pada Tahun 2020 ini. Di antaranya renovasi dan penataan Pura Sakenan di Kelurahan Serangan  dan pembangunan gedung SMPN 14 Denpasar. *wid

BAGIKAN