Putu Ayu Widayanthi, Harus Pintar Kelola Keuangan  

PENURUNAN penghasilan bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak sedikit dialami oleh masyarakat Bali di tengah pandemi Covid-19 ini.

PENURUNAN penghasilan bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak sedikit dialami oleh masyarakat Bali di tengah pandemi Covid-19 ini. Terlebih mereka yang bekerja di sektor pariwisata sangat merasakan dampak ekonomi dari pandemi ini.

Seperti yang dialami oleh wanita yang bernama Putu Ayu Widayanthi, salah seorang sales and marketing manager di sebuah  hotel di Bali. Ia bersyukur hingga saat ini masih tetap bekerja, meski tidak terelakan dari penurunan pendapatan. Kondisi ini pun membuatnya harus lebih pintar mengelola keuangan yang dimiliki dan masih tersisa. “Jadi saat ini saya mengusahakan yang masih ada dipergunakan untuk mengembangkan usaha,” ujarnya saat ditemui, Selasa (22/9) kemarin.

Dalam situasi saat ini yang hampir seluruh sektor pariwisata mengalami kesulitan dan berdampak pada kehidupan masyarakat.  Wanita asal Klungkung ini mengaku harus mampu lebih kreatif untuk mencari peluang baru dan menciptakan karya menarik untuk bisa lebih produktif. Banyaknya waktu senggang yang dimiliki dikarenakan mengalami pengurangan hari kerja, memberinya kesempatan untuk membantu usaha kecil yang dirintis oleh adiknya.

Bersama sang adik, saat ini dia mengembangkan usaha di bidang kuliner dengan memanfaatkan media dalam jaringan (daring) dalam hal pemasaran. Dia pun memilih menawarkan kuliner dengan rasa authentic namun kemasan kekinian. “Harga jualnya kami pilih untuk bisa dijangkau masyarakat dalam situasi perekonomian seperti saat ini,” jelasnya.

Meski menghadapi kondisi sulit di tengah pandemi Covid-19 ini, wanita yang akrab disapa Ayu Wida ini mengatakan banyak hikmah yang dapat dipetiknya. Dari hal ini dia belajar untuk tidak menghambur-hamburkan uang dan wajib untuk memiliki tabungan. Selain itu, dengan situasi ini dia mengaku belajar untuk lebih kreatif, serta menjaga alam dan peduli terhadap sesama. *wid

BAGIKAN