Pupuk Organik Hasilkan Bulir Padi Bening dan Padat

Penggunaan pupuk organik menjadikan padi  tumbuh dengan subur.

Gianyar (bisnisbali.com) –Penggunaan pupuk organik menjadikan padi  tumbuh dengan subur. Pengepul pupuk organik, dan pendamping petani Asal Payangan, Made Juliawan, Senin (28/9) mengatakan dari beberapa demplot padi yang murni menggunakan pupuk organik menghasilkan buliran padi bening dan padat.

Diungkapkannya, untuk menarik semua petani menggunakan pupuk organik, telah dibuatkan demplot beberapa subak yang areal sawahnya murni menggunakan pupuk organik. “Terkadang kami paksa petani menggunakan pupuk dengan memberikan pupuk organik gratis sebagai contoh untuk petani yang lain,” ucapnya.

Ia menjelaskan pemerintah bersama seluruh komponen perlu meyakinkan begitu banyak manfaat petani menggunakan pupuk organik. Dengan pupuk organik, yang utama tanaman padi akan tumbuh dengan subur.  Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya demplot padi menggunakan pupuk organik petani bisa membandingkan langsung padi dengan pupuk organik dengan padi dengan pupuk nonorganik. “Secara kasat mata petani akan bisa melihat tingkat kesuburan padi semakin tinggi menggunakan pupuk organik,” ucapnya.

Juliawan menyampaikan dengan pupuk organik, media tanam akan penuh dengan kotoran cacing tanah. “Itu tandanya unsur hara tanah sangat baik,” jelasnya.  Penerapan pola tanam dengan pupuk organik mengasilkan produk pertanian berkualitas. “Di samping itu, kuantitas produk pertanian yang dihasilkan produk pertanian organik selalu lebih banyak ketimbang pertanian non organik,” tutup  Juliawan.*kup

BAGIKAN