Proyek Revitalisasi Pasar Umum Gianyar Tak Terpengaruh  ’’Recofusing’’ Anggaran  

Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah pusat dan daerah melakukan pemangkasan (recofusing) anggaran yang berimbas penundaan kegiatan atau tertundanya penyelesaian proyek yang tidak menjadi skala prioritas.

TETAP JALAN - Proyek revitalisasi Pasar Umum Gianyar tetap berjalan sesuai kontrak.

Gianyar (bisnisbali.com) –Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah pusat dan daerah melakukan pemangkasan (recofusing) anggaran yang berimbas penundaan kegiatan atau tertundanya penyelesaian proyek yang tidak menjadi skala prioritas. Meski begitu, Bupati Gianyar Made Mahayastra memastikan proyek Pasar Umum Gianyar akan berjalan sesuai kontrak sebelumnya dan tidak berkaitan dengan refocusing anggaran Pemkab Gianyar 2021.

Diungkapkannya, Pemkab Gianyar  terus mendorong pembangunan di bidang ekonomi. Antara lain menyalurkan Kurda Gianyar Aman Sejahtera untuk masyarakat termasuk pembangunan pasar yang menjadi skala prioritas. ‘’Revitalisasi Pasar Umum Gianyar dan Pasar Sukawati serta pembangunan pasar-pasar desa memberikan peran besar untuk menggerakkan ekonomi masyarakat Gianyar,’’ ujarnya saat dimintai konfirmasinya, Kamis (11/3) kemarin.

Menurut Mahayastra, revitalisasi Pasar Umum Gianyar merupakan proyek yang berlanjut dari tahun sebelumnya. Revitalisasi pasar didasarkan kontrak dengan pelaksana proyek terdahulu. Oleh karena itu, proyek revitalisasi Pasar Umum Gianyar akan tetap berjalan sesuai kontrak.

Bupati Gianyar menegaskan, pemerintah sat ini memang kesulitan anggaran sebagai imbas penurunan pendapatan dampak pandemi Covid-19. Akan tetapi karena revitalisasi Pasar Umum Gianyar berkelanjutan dari tahun sebelumnya, maka proyek tetap berjalan sesuai kontrak dan tidak akan mengganggu anggaran Pemkab Gianyar  Tahun 2021.

Sementara itu, Direktur Tunas Jaya Sanur, Budi selaku pelaksana proyek Pasar Umum Gianyar, dihubungi melalui telepon menyampaikan pembangunan proyek revitalisasi Pasar Umum Gianyar berjalan sesuai kontrak yang sudah disepakati. Pencapaian progres saat ini sesuai jadwal yang direncanakan.

Budi menambahkan, pencapaian progres pembangunan Pasar Umum Gianyar melebihi rencana. Pada minggu ke-29 atau hari ke-204 kalender proyek, progres pekerjaan +1,76 persen. “Rencananya pada minggu ke-29 adalah 41,32 persen, namun realisasi pekerjaan mencapai 43,09 persen,” jelasnya. *kup

BAGIKAN