Promosi Gencar, UMKM Mulai Bangkit  

Belum optimalnya pergerakan pariwisata Bali dan perekonomian yang masih lesu, membuat sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) jadi harapan.

PAMERAN - Salah satu pameran yang diikuti UMKM.

Denpasar (bisnisbali.com) -Belum optimalnya pergerakan pariwisata Bali dan perekonomian yang masih lesu, membuat sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) jadi harapan. Berbagai upaya dilakukan baik berupa pameran offline ataupun online. Hal ini memberi harapan yang mulai membuat sektor UMKM kembali berdenyut.

Hal tersebut diakui oleh salah seorang pelaku UMKM, Ni Putu Adnyani. Saat ditemui di Denpasar, Rabu (9/12), Owner Bara Silver ini mengatakan, UMKM saat ini cukup gencar melakukan promosi dalam bentuk pameran offline dan online. Ini memberi harapan bagi usahanya untuk kembali bernapas.

Diakuinya, meski produk tidak dihargai tinggi seperti sebelumnya, setidaknya dengan gencarnya pameran ini pihaknya mampu menjual produk ke konsumen. “Kami tahu jika uang masih sangat sulit saat ini. Tapi dengan gencarnya promosi bagi UMKM ini, setidaknya barang yang murah bisa laku terjual,” ungkapnya.

Demikian juga dorongan dan dukungan dalam promosi online seperti strategi dalam digital marketing sangat membantu dirinya. Hal ini membuatnya mampu memberikan kembali pekerjaan kepada tenaga kerjanya, sehingga tidak sampai dirumahkan dalam waktu lama. “Lumayan menyokong. Karyawan bisa melayani konsumen secara online,” terangnya.

Terkait pendapatan, dia mengakui, memang belum pulih seperti sebelumnya. Namun diumpamakannya, dari yang sebelumnya mati suri sudah kembali bisa berdenyut saat ini.

Menurutnya, gencarnya promosi bagi UMKM saat ini merupakan langkah yang tepat dilakukan dan memang baginya UMKM harus menjadi fokus dalam upaya pertumbuhan perekonomian Bali saat ini. Pihaknya berharap agar promosi seperti ini lebih digecarkan lagi. *wid

BAGIKAN