Profil Risiko Nasabah Ikut Pengaruhi Penurunan Bunga Kredit

Regional Head PT Bank Danamon Bali-Nusa Tenggara, I Gusti Agus Indrawan mengatakan terkait penurunan bunga kredit,

Denpasar (bisnisbali.com) –Regional Head PT Bank Danamon Bali-Nusa Tenggara, I Gusti Agus Indrawan mengatakan terkait penurunan bunga kredit, selain suku bunga acuan Bank Indonesia atau 7 day reserve repo rate (BI 7DRR) tentunya bunga kredit setiap sektor dipengaruhi oleh profil risiko nasabah, jenis agunan dan industri yang dibiayai.

“Inilah beberapa faktor yang menentukan turunnya suku bunga kredit. Untuk saat ini penurunan bunga kredit mengikuti besaran penurunan BI 7DRR,” katanya di Sanur, Selasa (25/2).
Ia mengatakan dalam hal penyaluran kredit, Bank Danamon masih fokus terhadap segmen UKM, enterprise banking dan consumer mortgage serta pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance.

Ia pun menyebutkan pencapaian kredit pada 2019, di luar perbankan mikro, total portofolio kredit dan trade finance tumbuh 5 persen menjadi Rp143,8 triliun secara tahunan. Sementara untuk dana pihak ketiga (DPK),bank ini terus fokus terhadap pendanaan granular yang ditunjukkan dengan pertumbuhan 23 persen pada giro dan tabungan (CASA) dan TD regular. CASA naik 7 persen menjadi Rp55,7 triliun.

“Dengan demikian CASA mencakup hampir setengah dari total dana pihak ketiga bank dengan rasio CASA 49,7 persen,” ujarnya.
Terkait dukunganbank di sektor UMKM, pihaknya memastikan semua inisiatif yang dilakukan memperhatikan kepentingan nasabah. Sebagai contoh, tahun lalu, kolaborasi dengan MUFG menghasilkan ajang business matching pertama bank dengan mempertemukan hampir 80 nasabah pelaku usaha dari Jepang, Indonesia, dan negara-negara Asia Tenggara untuk saling memperluas jejaring serta membuka peluang ekspansi bisnis.*dik

BAGIKAN