PPKM Mikro, Pengawasan Dua Desa di Tabanan Diperketat

Sesuai dengan Instruksi Mendagri RI, Pemkab Tabanan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap III atau berskala mikro mulai 9 Februari - 22 Februari.

Tabanan (bisnisbali.com) – Sesuai dengan Instruksi Mendagri RI, Pemkab Tabanan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap III atau berskala mikro mulai 9 Februari – 22 Februari. PPKM diberlakukan sesuai status dan zona penyebaran Covid-19.

Terkait hal tersebut, Satgas Covid-19 Kabupaten Tabanan sudah melakukan pendataan. Dari 133 desa yang ada, tercatat ada 2 desa di Tabanan yang masuk zona merah Covid-19 Tabanan lantaran terjadi peningkatan kasus secara terus menerus. Dua desa tersebut adalah Desa Dauh Peken di Kecamatan Tabanan dan Desa Banjar Anyar di Kecamatan Kediri.

Sekretaris Satgas Covid-19 Tabanan sekaligus Sekda Tabanan I Gede Susila, Selasa (9/2), mengungkapkan PPKM berskala mikro ini sesuai dengan Instruksi Mendagri desa atau desa adat menjadi pembantu dalam pengendalian pencegahan Covid-19. Penerapan PPKM berbasis mikro dilaksanakan sesuai dengan zona-zona penyebaran Covid-19, yakni zona merah, oranye, kuning dan hijau. “Kami akan mengawasi desa, khususnya yang  memiliki status zona merah,” tuturnya.

Jelas Susila, saat ini dari hasil rapat koordinasi bersama dengan seluruh tim Satgas Covid-19 di Tabanan, mencatat ada 2 desa yang memiliki status zona merah karena terjadi peningkatan kasus secara terus menerus. Desa yang masuk dalam zona orange di Kabupaten Tabanan terdata ada 6 desa yakni, Desa Nyambu Kecamatan Kediri, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Desa Bongan, Desa Gubug, Desa Dajan Peken, dan Desa Delod Peken Kecamatan Tabanan. Sementara untuk zona kuning ada 53 desa, dan sisanya atau 72 desa masuk zona hijau. Desa yang masuk zona hijau sebagian besar ada di Kecamatan Pupuan.

Sementara itu, khusus untuk desa yang masuk dalam zona merah akan lebih di-back-up oleh satgas kabupaten agar penyebaran kasus tidak lagi meluas. Hal sama juga berlaku pada desa yang masuk dalam zona orange dan kuning yang akan tetap diantensi.*man

BAGIKAN