Pokdarwis Diharapkan Garap Potensi Kuliner

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, AA. Gde Putrawan, Senin (24/8) mengatakan guna mengembangkan wisata kuliner dan belanja, Dinas Pariwisata Gianyar melaksanakan training.

Gianyar (bisnisbali.com) –Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, AA. Gde Putrawan, Senin (24/8) mengatakan guna mengembangkan wisata kuliner dan belanja, Dinas Pariwisata Gianyar melaksanakan training. Yakni, bagaimana cara guiding untuk wisata kuliner dan belanja di Gianyar.

Dikatakan, pelatihan ini berlangsung  dari 24 hingga 26 Agustus 2020, dan berbasis kompetensi melibatkan peserta dari kelompok sadar wisata (pokdarwis). Melalui pelatihan ini, pokdarwis bisa melihat potensi kuliner yang bisa dikembangkan di masing-masing desa dan menuju penetapan Ubud sebagai destinasi gastronomi.

AA Putrawan menjelaskan materi pelatihan antara lain diberikan Dinas Tenaga Kerja dan tutor sebagai pemateri lainnya. Materi yang diberikan antara lain pengetahuan dasar culinery, pengetahuan lanjutan culinery, sosialisasi fasilitas home stay, praktik pengenalan alat dan membuat saos, membuat makanan pembuka, dan membuat makanan penutup.

Ketua Forum Komunikasi Pokdarwis Gianyar, Mangku Nyoman Kandia, mengatakan pelatihan pemandu wisata kuliner dan belanja berbasis kompetensi pengelohan makanan bidang pariwisata. Kegiatan yang dilaksanakan Disparda Gianyar diikuti oleh 40 peserta dari Pokdarwis di 22 Desa Wisata Gianyar. Setiap gelombang diikuti 20 orang peserta mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Mangku Kandia yang juga Tim Ahli Bupati Gianyar ini menyampaikan pelatihan ini dinilai sangat penting guna menopang pengembangan desa wisata dan pengembangan pariwisata Gianyar. Melalui pelatihan tersebut para pokdarwis diharapkan kompeten dalam memandu wisata kuliner dan belanja termasuk memahami pengolahan makanan bidang pariwisata. *kup

BAGIKAN