PKM Diberlakukan, Ekonomi Masyarakat tetap Berjalan

Kalangan pemerhati ekonomi setuju terkait rencana Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra untuk mengajukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Denpasar (bisnisbali.com) –Kalangan pemerhati ekonomi setuju terkait rencana Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra untuk mengajukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM). PKM diharapkan sebagai solusi untuk mencegah penyebaran covid-19.
Seperti dikatakan praktisi ekonomi dan bisnis dari Undiknas University Prof. Dr. Gede Sri Darma. Ia ber pendapat nyawa dan kesehatan nomor 1.

“Nyawa tidak bisa kembali. Berbicara bisnis akan bisa dipacu berlari lebih kencang setelah covid-19 teratasi dengan baik,” katanya.

Mantan Rektor Undiknas University ini menyampaikan karena masyarakat tidak disiplin untuk melakukan social distancing dan tidak disiplin dalam protokol kesehatan, memang sebaiknya diberlakukan tindakan yang lebih tegas terhadap mereka yang tak mengindahkan bahaya virus corona ini.

Akankan membawa dampak negative dari sisi ekonomi?. Sri Darma menegaskan, PKM hanyalah pembatasan wilayah saja. Ekonomi akan tetap berjalan sesama masyarakat di wilayah itu. Oleh karenanya, ia berharap ada ketegasan masyarakat luar yang hendak masuk, sebaiknya diperiksa dan diberlakukan protap kesehatan agar masyarakat yang sehat tak terdampak covid-19.

“Masalah ekonomi dari yang namanya pembatasan tentu ada, tetapi lebih baik masalah sedikit dan jumlah korban tidak bertambah. Dari pada ujung covid-19 tidak diketahui sampai kapan, justru akan memperparah ekonomi rakyat karena lamanya penanggulangan wabah ini,” tegasnya.

Hal sama dikatakan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Prof. Wayan Ramantha. Mantan Dekan FE Unud ini menilai berbicara hambatan dari pembatasan dilihat dari sisi ekonomi pasti ada.
“Tetapi perlu diingat pada kondisi saat ini kesehatan yang harus diutamakan. Selanjutnya setelah covid-19 terlewati baru kita bisa fokus memperbaiki ekonomi,” paparnya.

Sebaliknya ia menilai manfaat PKM diberlakukan ada dari sisi ekonomi adalah bisa mempercepat perbaikan ekonomi. Untuk itu ia mengimbau realisasi PKM agar bisa disosialisasikan ke segala hal agar masyarakat di Denpasar maupun luar yang masuk memahami apa saja kebijakan yang telah diambil Walikota sehingga bisa berjalan optimal mencegah penyebaran covid-19.*dik

BAGIKAN