PKK Dorong Masyarakat Manfaatkan Pekarangan untuk Pertanian Organik

Masyarakat Gianyar diharapkan menggalakkan pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan.

Gianyar (bisnisbali.com) –Masyarakat Gianyar diharapkan menggalakkan pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan. Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Adnyani Mahayastra, Minggu (19/7) mengatakan masyarakat mesti terus mengoptimalkan program pertanian organik dengan memanfaatkan pekarangan rumah.  Surya Adnyani menyampaikan pemerintah tentu akan men-support langkah para petani dengan menanam sayuran secara organik. Intinya sama dengan program Hatinya PKK yaitu memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis sayuran.

Ia menjelaskan masyarakat menanam sayuran di rumah tentu tidak menggunakan pupuk kimia. Namun, pertanian ini dengan memanfaatkan pupuk organik seperti kotoran hewan, daun-daunan dan lain sebagainya.

Lanjut dia, dengan mengkonsumsi makanan dengan bahan organik memang banyak diminati sebagian kalangan masyarakat. Selain sehat, makanan tersebut tidak mengandung pestisida.

Lebih lanjut dikatakannya, bahan makanan organik, memang harganya lebih mahal dari bahan makanan lainnya. Namun kini ada sejumlah petani di Kabupaten Gianyar yang mulai memasarkan bahan makanan organik dengan harga terjangkau, seperti sayuran, buah, umbi-umbian dan berbagai hasil bumi lainnya.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra melihat saat pandemi Covid-19, petani kelimpungan karena tidak bisa memasarkan produk mereka. “Pemerintah berusaha membantu petani memasarkan produk melalui organisasi dengan nama Daridesaku. Juga  berusaha membantu petani memasarkan produk pertanian organik dengan cara daring atau online,” ucap Surya Adnyani. *kup

BAGIKAN